Pacar Joshua Suherman Idap Kelainan Otak

14 Jan 2020 18:10 Kesehatan

YouTuber Clairine Clay mengidap kelainan otak sehingga membuatnya mudah pingsan saat terkena tekanan atau stres. Ya, kelainan otak yang diderita Clairine Clay didapatnya sejak pertengahan 2016 silam. Sampai sekarang, ia pun belum sembuh total.

"Dibilang sembuh enggak sih karena dia akan selalu ada, karena itu bawaan. Cuma mungkin itu, ya, jangan sampai underpressure yang aku enggak enjoy, jadi bawaannya itu stres,” kata Clairine Clay.

Untuk penyembuhan penyakit tersebut, kekasih dari Joshua Suherman tersebut memilih untuk beristirahat agar tak terlalu banyak pikiran.

"Cuma mungkin itu ya, jangan sampe under pressure (tertekan) yang aku nggak enjoy (nyaman), jadi bawaannya itu stres," lanjutnya lagi.

Pemilik nama asli Clairine Christabel ini mengaku tak terlalu memikirkan sakit yang diidapnya. Hal ini kemudian memberikan dampak baik pada kondisi kesehatannya.

Dalam hal ini, tak ada obat khusus yang dikonsumsi Clairine Clay. Ia mengaku cukup membutuhkan istirahat agar sakitnya tak mudah kambuh.

"Nggak (konsumsi obat), emang nggak ada obatnya sebenernya. Tapi ya emang sarannya cuma jangan sampe stres. Karena pressure yang (membuat) nggak nyaman," jelas dia.

Dulu, cerita Clairine Clay, ia kuliah sinematografi di Universitas Pelita Harapan, Tangerang. Di tengah jalan, memasuki semester lima, ia terpaksa putus kuliah.

“Saya putus kuliah bukan karena drop out melainkan karena faktor kesehatan. Kelainan otak yang membuat saya pingsan saat tertekan atau stres. Saya enggak tahu, dalam bahasa medis penyakit ini disebut apa. Saat dokter menegakkan diagnosis itu, mental saya down. Waktu itu saya membatin, ‘Gila, gue enggak bisa bikin papa dan mama bangga. Gue enggak bisa kasih gelar sarjana buat orangtua,’” kenangnya.

Clairine Clay bersyukur dalam kondisinya yang lemah, orangtua selalu mendampingi dan menguatkan hatinya

“Saya ingat betul, orangtua bilang begini, ‘Enggak apa-apa, Nak. Jalannya memang seperti ini. Kalau mau sampai di tujuan, kamu harus tetap berjalan dan berdamai dengan diri sendiri.’ Hikmahnya, saya melakukan penerimaan diri seraya bertanya kepada diri sendiri, ‘Sebenarnya, apa passion saya?’ Maka di sinilah saya sekarang, di dunia akting,” tuturnya.

Momen itu menyadarkan Clairine Clay, putus kuliah bukan akhir dari segalanya.
Aktris yang sering disebut sebagai 'Ratu Meme Indonesia' itu juga bersyukur karena selalu mendapat dukungan dari keluarga dan kekasih tercinta. Mereka sudah paham cara-cara menyelesaikan masalah dengan Clairine Clay, agar tidak membuatnya menjadi stres.

"Kalau ada masalah sama keluarga, selesain sama keluarga dan itu komunikasinya enak. Kalau ada masalah sama pacar, selesain sama pacar, komunikasinya enak. Kalau sama temen, aku enggak punya temen, ya, jadi enggak yang kayak stres di luar itu, sih. Dua pihak itu untungnya untuk dikomunikasiin enak," tutup dia.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini