Almarhum Jamaluddin dan istrinya, Zuraida Hanum yang jadi otak pembunuhan. (Istimewa)

Kronologi Istri Habisi Hakim PN Medan Jamaluddin

Kriminalitas 08 January 2020 15:32 WIB

Hakim PN Medan Jamaluddin yang ditemukan mayatnya di jurang 29 November lalu, ternyata meninggal dibunuh atas permintaan istri mudanya, Zuraida Hanum. Hanum menyewa dua orang laki-laki JP dan RF untuk membunuh suaminya

Polda Sumut menetapkan tiga orang tersebut sebagaui tersangka  sekaligus mengungkap motif dari pembunuhan tersebut.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin Siregar di Mapolda Sumut, Rabu, menjelaskan, motif pembunuhan tersebut adalah permasalahan rumah tangga.
 
"Motif sedang didalami penyidik. Untuk sementara motifnya adalah masalah rumah tangga, sehingga terjadi kasus ini," katanya.
 
Dari permasalahan rumah tangga tersebut, tersangka HN (Zuradia Hanum) atau istri korban menyewa tersangka JP (Jefri Pratama) dan RF (Reza Fahlevi) untuk membunuh suaminya.
 
"Ini pembunuhan berencana. Para pelaku menggunakan alat komunikasi yang tidak biasa. Sehingga penyidik agak kesulitan untuk mendudukkan kasus ini," ujarnya.

Diketahui, Jamaluddin ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di sebuah jurang di Dusun II Namo Rindang, Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Jumat 29 November.
 
Korban yang merupakan Hakim dan juga Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan, ditemukan warga di dalam satu unit mobil Toyota Land Cruiser Prado nomor polisi BK 77 HD warna hitam.
 
Saat ditemukan jenazah sudah membiru dengan kondisi terbaring di posisi bangku belakang.
Tersangka Zuraida Hanum otak pembunuhan suaminya Jamaluddin  di Mapolda Sumut Foto AntaraTersangka Zuraida Hanum, otak pembunuhan suaminya, Jamaluddin, di Mapolda Sumut. (Foto: Antara)
Dari penyidikan, diketahui korban dibunuh sehari sebelumnya. Kamis 28 November sekitar pukul 02.00, istri korban membuka pintu rumah dan menyuruh JP dan RF masuk, lantas mengantar keduanya ke kamar atas di mana korban sedang tidur bersama putrinya.
 
Korban yang saat itu lelap, segera digulung dengan bed cover, kemudian wajahnya dibekap dengan bantal sampai tidak bernafas lagi. Putri korban sempat terbangun, tapi oleh Zuraida disuruh kembali tidur.
 
Istri korban kemudian menyuruh JP dan FR mengakatnya ke mobil  dan membawa ke Deli Serdang, lantas mendorong mobil itu masuk ke dalam jurang. (ant)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Jan 2020 16:08 WIB

Istri Sempat Tidur 3 Jam Dekat Jenazah Hakim PN Medan Jamaluddin

Kriminalitas

Zuraida Hanum sempat tidur dekat suaminya yang dibunuh, hakim PN Medan Jamaluddin.

08 Jan 2020 11:48 WIB

Air Mata Palsu, Istri Kedua Otak Pembunuhan Hakim Jamaluddin

ngopiNEWS

Tangisan dan berkali-kali pingsan hanya akting Zuraida Hanum.

16 May 2019 22:22 WIB

Hakim Merry Purba Divonis 6 Tahun Penjara

Hukum

Hakim Merry dinyatakan bersalah melakukan korupsi dengan menerima suap SGD 150 ribu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.