KH Abdullah Syukri Zarkasyi (almaghfurlah), pimpinan Pesantren Gontor, Ponorogo, di tengah para santrinya. (Foto: dok/Ngopibareng.id)
KH Abdullah Syukri Zarkasyi (almaghfurlah), pimpinan Pesantren Gontor, Ponorogo, di tengah para santrinya. (Foto: dok/Ngopibareng.id)

Orang Mukmin Tak Suka Melaknat, Berkata Kotor

Ngopibareng.id Islam Sehari-hari 28 November 2020 03:26 WIB

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam (SAW) hadir di muka bumi tiada lain untuk menyempurkan akhlak yang utama. Karena itu, mulai dari tindakan, tutur kata, dan perbuatan Rasulullah SAW selalu menunjukkan keunggulan budinya.

Di sinilah, kita bisa memperhatikan pesan-pesan Rasulullah SAW:

عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الْمُؤْمِنَ لَيْسَ بِاللَّعَّانِ وَلاَ الطَّعَّانِ وَلاَ الْفَاحِشِ وَلاَ الْبَذِىءِ

Dari Abdullah ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda: "Sesungguhnya orang mukmin itu orang yang tidak suka melaknat, mencela, berkata keji atau jorok, dan kotor. " (HR. Ahmad no. 4027 )

Dalam kondisi masyarakat yang dibanjiri ujaran kebencian dan mudahnya orang mengucapkan kata-kata kotor di media sosial, menjadikan kita prihatin. Kita berharap, semoga kita dan seluruh keluarga kita selalu berakhlak baik, berbuat baik, berucap baik, bernasib baik. Amin....!!!

Lebih dari kita, kita berharap agar tetap dalam melaksanakan ketaatan kepada Nabi Muhammad SAW.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تَسَمَّوْا بِاسْمِى وَلاَ تَكْتَنُوْا بِكُنْيَتِى ، وَمَنْ رَآنِى فِى الْمَنَامِ فَقَدْ رَآنِى ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَتَمَثَّلُ فِى صُوْرَتِى ، وَمَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ

Dari Abu Hurairah ia berkata, Aku mendengar Nabi Saw. bersabda :"Berikanlah nama dengan namaku dan jangan dengan julukanku. Karena barang siapa melihatku dalam mimpinya sungguh dia benar-benar telah melihatku, karena setan tidak sanggup menyerupai bentukku. Dan barang siapa berdusta terhadapku, maka hendaklah ia persiapkan tempat duduknya dalam Neraka. " (H.R. Bukhari no .110 )

"Semoga kita dan seluruh keluarga kita selalu bertakwa kepada Allah, selalu taat kepada Rasulullah, dan mendapat syafaat di akhirat. Amin!". Demikian pesan Ustadz Keman Almaarif.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 19:12 WIB

Wow! Pendaki Gunung Raung Sempat Berfoto Berlatarbelakang Erupsi

Jawa Timur

Termasuk beruntung karena berhasil mengabadikan momen istimewa.

22 Jan 2021 19:01 WIB

Jemput Paksa Jenazah Covid-19, Polisi Periksa Warga Kalibuntu

Jawa Timur

Polisi cari satu per satu warga Kalibuntu Probolinggo.

22 Jan 2021 18:48 WIB

DPR Serahkan Surat Persetujuan Calon Kapolri kepada Presiden

Nasional

Pelantikan Kapolri baru akan dilakukan sebelum masa tugas Kapolri berakhir.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...