Opick Bawa Rambut Nabi, Ini Kata MUI

10 May 2019 06:32 Nasional

Opick mendapatkan sehelai rambut Nabi Muhammad SAW dari Dewan Ulama Thariqah Internasional dan Pemerintah Turki. Sehelai rambut Nabi Muhammad SAW dalam sebuah tabung kaca yang dibawa Opick dari Turki dan ditunjukkan ke media, ketika pelantun 'Tombo Ati' itu mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Selasa 7 Mei 2019.

Menurut Opick, Dewan ulama Thariqah Internasional dan Pemerintah Turki berpesan untuk membuka rambut tersebut hanya dua kali dalam setahun, yakni Isra Miraj dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Secara khusus saya meminta tiga kali, satu kali berikutnya dibuka saat 1 Muharam. Khusus hari ini, saya sudah minta izin pada ulama di sana dan pemerintah, untuk menunjukkan seperti apa rambutnya. Ini (panjang) 30 cm," kata Opick.

Ia akan menyimpan rambut Nabi Muhammad SAW ini di Rumah Umat Tombo Ati, Pulo Gerbang, Jakarta Timur. "Rambut ini akan kita jaga dan dibacakan Alquran selama 24 jam," kata pemilik nama asli Aunur Rofiq Lil Firdaus itu.

Waketum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Yunahar Ilyas menyampaikan imbauan terkait heboh sehelai rambut Nabi Muhammad SAW yang dibawa Opick.

"Nabi mengatakan, "Aku tidak mewariskan apa-apa kecuali Alquran dan As-Sunnah'. Yang penting itu bukan rambut atau warisan fisik Nabi, tapi Alquran dan As-Sunnah," jelasnya.

Yunahar juga mempertanyakan asal usul sehelai rambut yang dibawa Opick. "Pertanyaannya, apakah benar itu rambut Nabi? Kalau benar kok bisa dibawa ke Indonesia? Peninggalan Nabi di Museum Turki tentu tidak bisa dibawa keluar. Kalaupun iya, apa gunanya dibawa ke Indonesia?" ujarnya. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini