Operasi Zebra Semeru 2020 yang digelar Polres Malang di Taman Wisata Kalimetro, Talangagung, Kepanjen, Kabupaten Malang (Foto: istimewa)
Operasi Zebra Semeru 2020 yang digelar Polres Malang di Taman Wisata Kalimetro, Talangagung, Kepanjen, Kabupaten Malang (Foto: istimewa)

Operasi Semeru 2020, Polres Malang Edukasi Warga Terkait 3M

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 26 October 2020 19:53 WIB

Operasi Zebra Semeru 2020 dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Malang mulai 26 Oktober 2020 hingga 8 November 2020.

Dalam Operasi Zebra Semeru 2020 ini Polres Malang lebih melakukan edukasi terutama berkaitan dengan penerapan 3M yaitu wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dan wajib menjaga jarak.

Kasatlantas Polres Malang, AKP Ady Nugroho mengatakan Operasi Zebra Semeru selain untuk untuk menegakkan aturan lalu lintas, namun juga untuk penertiban protokol kesehatan Covid-19.

"Harapannya agar tindakan yang diberikan bisa lebih mengedukasi masyarakat untuk terhadap patuh protokol kesehatan. Mengingat pandemi yang masih belum berakhir, jadi harapannya agar sosialisasi yang kita berikan bisa lebih mengena dan lebih bisa mengedukasi masyarakat," ujarnya, Senin 26 Oktober 2020.

Menurut Ady pemberian edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya penerapan 3M sangat diperlukan karena pandemi Covid-19 tidak tahu kapan akan berakhir.

"Dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, diprediksi sampai akhir tahun. Sehingga diharapkan untuk sosialisasi bisa mengena, bisa mengedukasi masyarakat akan pentingnya tertib berlalulintas dan protokol kesehatan," tuturnya.

Sedangkan untuk titik-titik Operasi Zebra Semeru 2020, ini ujar Ady pihaknya akan mengambil lokasi di sekitar daerah wisata yang berpotensi ramai dikunjungi warga untuk berlibur. Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci titik-titik tersebut.

"Sebab kita tahu saat ini bertepatan dengan liburan panjang, maka yang disasar adalah di wilayah yang berdekatan dengan obyek wisata. Terutama di titik rawan macet, rawan laka (kecelakaan) dan rawan pelanggaran," katanya.

Ady menyebut ada sekitar 130 personel yang dilibatkan pada Operasi Zebra Semeru 2020. Di hari pertama operasi, Polres Malang mengambil lokasi di sekitaran Taman Wisata Kalimetro, Talangagung, Kepanjen, Kabupaten Malang.

Ady mengimbau kepada seluruh pengendara untuk memperhatikan kelengkapan berkendara serta otuh protokol kesehatan. Diantaranya wajib membawa STNK, SIM dan juga membawa masker serta hand sanitizer.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Nov 2020 20:50 WIB

Heboh, Video Ajakan Jihad Lewat Azan

Nasional

Lafadz azan hayya ala sholah diganti hayya alal jihad

30 Nov 2020 20:45 WIB

Gelar Webinar Nasional, TMP Surabaya Konsolidasi Menangkan Er-Ji

Pilkada

Taruna Merah Putih gelar webinar dengan dihadiri sejumlah tokoh nasional.

30 Nov 2020 20:30 WIB

Pemprov Jatim Bentuk Satgas Vaksin Covid-19

Kesehatan

Gubernur Khofifah minta percepat proses vaksinasi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...