Ilustrasi foto Lasik. (Foto: dok. RSMU))
Ilustrasi foto Lasik. (Foto: dok. RSMU))

Operasi Lasik Bukan untuk Pasien di Bawah 18 Tahun

Ngopibareng.id RS Mata Undaan 29 August 2020 12:00 WIB
RS Mata Undaan

Operasi Laser Assisted In Situ Keratomileusis (Lasik) merupakan prosedur bedah rawat jalan yang digunakan untuk mengobati rabun jauh (miopi), astigmatisme (cylinder) dan rabun dekat (hipermetropi).

Operasi lasik tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni usia dan kondisi kornea mata.

Dokter Dini Dharmawidiarini,Sp.M (K) dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya mengatakan, pada prosedur operasi lasik ada minimal usia, yakni usia 18 tahun keatas. "Sebab kalau menjalankan Lasik di usia- usia di bawah 18 tahun masih belum stabil masih masa pertumbuhan," kata Dini.

Dokter spesial bedah kornea ini juga menjelaskan, saat dilakukan di usia-usia yang belum stabil ada kemungkinan ukuran minusnya akan bertambah. Hal tersebut juga akan berpegaruh pada hasil operasi Lasik.

Adapun yang harus diperhatikan saat akan melakukan lasik adalah usia di atas 18 tahun, ukuran kacamata stabil dalam kurun waktu minimal 6 bulan dan ketebalan kornea mencukupi. "Ketebalan korneanya harus di atas 500 micron," imbuhnya.

Selain itu, operasi lasik juga tidak anjurkan bagi yang memiliki masalah katarak pada mata. Akan tetapi, operasi lasik kornea mata tidak menyaratkan batasan  usia lanjut.

Dini menambahkan, sebelum melakukan lasik, pasien harus melakukan pemeriksaan screning dan pre lasik agar bisa dipastikan kondisi kornea mata memenuhi persyaratan lasik. "Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan Anda memenuhi semua syarat dalam melakukan operasi lasik," tutupnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Oct 2020 23:31 WIB

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Luncurkan Awan Panas Sejauh 1.500 M

Warta Bumi

Gunung Sinabung luncurkan awan panas sejauh 1.500 meter.

25 Oct 2020 23:15 WIB

Jelang Risma Pensiun, Keluhan Warga di Reses Dewan Masih Sama

Surabaya

Mahfudz tepok jidat kinerja Risma tak berdampak

25 Oct 2020 23:02 WIB

Tim Cyber Media PDIP Lawan Hoax di Pilkada 2020, Ini Tugasnya

Pilkada

Tim ini dilatih untuk melawan kampanye hitam dengan kampanye positif.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...