Operasi Engkel Kaki, Andre Gomes Pulih 6 Bulan hingga Setahun

05 Nov 2019 11:22 Liga Inggris

Gelandang Everton, Andre Gomes, menjalani operasi patah engkel kaki kanan di Rumah Sakit Aintree, pada Senin 4 November 2019 malam waktu setempat.

Everton mengatakan, usai prosedur operasi dislokasi fraktur pada pergelangan kaki kanan, Andre Gomes diperkirakan akan pulih dalam enam bulan hingga setahun.

Andre Gomes akan melanjutkan pemulihannya di rumah sakit untuk beberapa hari. Setelah itu, ia akan melanjutkan program rehabilitasinya di pusat pelatihan Finch Farm Everton.

Andre Gomes cedera parah pada menit ke-79 saat membela Everton melawan Tottenham Hotspur pada laga yang berakhir Senin dini hari WIB. Ia jatuh setelah dijegal gelandang Tottenham Hotspur Son Heung-min dan mendarat tak sempurna setelah menabrak bek Tottenham Serge Aurier.

Wasit Martin Atkinson yang tidak melihat secara jelas injakan yang dilakukan Aurier, justru memberi kartu merah kepada Son.

Penyerang Everton, Cenk Tosun, yang paling dekat dengan lokasi Andre Gomes terjatuh, langsung berupaya menenangkan sang rekan setim yang berteriak tanda kesakitan. Tosun berharap Andre Gomes dapat kembali dengan kekuatan dan mental yang jauh lebih baik.

“Saya berharap Gomes bisa kembali dengan jauh lebih kuat setelah menjalani operasi. Kami akan memberikan motivasi yang dibutuhkannya. Saya akan menemuinya di rumah sakit dalam waktu dekat,” kata Tosun mengutip dari Daily Mail, Selasa 5 November 2019.

Gelandang Tottenham Hotspur Son Heungmin menangisi tragedi Andre Gomes
Gelandang Tottenham Hotspur Son Heung-min menangisi tragedi Andre Gomes.

Sementara itu, Son Heung-min tampak bingung dan terguncang setelah menyadari beratnya cedera Andre Gomes. Ia tak kuasa menahan tangis hingga dihibur oleh kapten Everton Seamus Coleman di ruang ganti Tottenham Hotspur setelah pertandingan.

"Son terpukul dan menangis. Itu bukan salahnya. Son adalah salah satu orang yang paling menis yang pernah saya temui. Setelah kejadian itu (Andre Gomes patah engkel) Son tak mampu mengangkat kepalanya karena terus menangis," ungkap rekan setimnya, Dele Alli.

Seusai pertandingan itu tak hanya kejadian tersebut yang jadi bahasan. Kartu merah buat Son Heung-min juga jadi sorotan. Kartu itu dianggap kontroversial, terutama karena wasit terlihat mengubah putusannya dari kartu kuning ke kartu merah.

Pro dan kontrak itu cukup kencang terjadi sehingga operator liga, Premier League, langsung memberikan klarifikasi soal kartu merah itu. "Kartu merah buat Son (diberikan) karena membahayakan keselamatan pemain, yang terjadi karena konsekuensi dari jegalan awal darinya," demikian keterangannya.

Pemain yang pernah cedera semacam itu adalah duo Arsenal Aaron Ramsey dan Eduardo. Ramsey absen selama sembilan bulan, setelah tibia dan fibula-nya hancur pada 2010.

Louis Saha yang patah kakinya saat bermain untuk Everton, mengatakan tragedi Andre Gomes adalah kenangan yang mengerikan.

"Ini saat di mana kamu membutuhkan keluargamu di sekitarmu, kamu perlu rekan setimmu mengirimimu pesan dan memastikan kamu merasa didukung karena itu sangat sulit," kata Saha.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini