Oke Joss, Garuda Layani Direct Flight Singapura-Tanjung Pandan

15 Oct 2018 08:20 Gerak Wisata

Akses udara yang menghubungkan Singapura–Indonesia makin terbuka lebar. Sebab, maskapai Garuda Indonesia membuka poros baru.

Direct flight rute Singapura–Tanjung Pandan, Belitung kini sudah ada. Rute ini dilayani secara reguler oleh Garuda Indonesia mulai 29 Oktober.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, rute baru ini merupakan komitmen Garuda Indonesia untuk meningkatkan pariwisata Indonesia. Terlebih lagi, Belitung memiliki satu destinasi yang masuk dalam 10 destinasi prioritas, Tanjung Kelayang.

Selain itu, penerbangan langsung adalah bagian dari strategi Garuda Indonesia untuk memperluas jaringan internasional. Serta, sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat konektivitas di kawasan Asia Tenggara.

Pikri menambahkan, layanan penerbangan ini akan dilakukan empat kali dalam seminggu. Poros baru tersebut nantinya akan dilayani oleh armada Bombardier CRJ – 1000 berkapasitas 96 kursi ekonomi.

"Layanan penerbangan Singapura - Tanjung Pandan akan berangkat dari Bandara Changi Singapura pada pukul 17.20 LT (waktu Singapura), setiap Senin, Rabu dan Jum’at. Dan tiba di Bandara Internasional Hanandjoeddin di Tanjung Pandan pukul 17.50 WIB.

Sedangkan di hari Minggu akan berangkat pukul 17.30 LT dan tiba pukul 18.00 WIB. Penerbangan kembali akan berangkat dari Bandara Internasional Hanandjoeddin di Tanjung Pandan pukul 14.50 WIB dan tiba di Bandara Changi Singapura pada 16.20 LT," terang Pikri.

Untuk diketahui, saat ini Garuda Indonesia melayani 84 penerbangan per minggu ke dan dari Singapura menuju kota-kota di Indonesia. Rute tersebut antara lain Singapura - Jakarta yang dilayani 9 penerbangan setiap harinya.

Juga rute Singapura - Surabaya yang dilayani 1 penerbangan setiap harinya. Dan juga rute Singapura - Denpasar yang dilayani 2 penerbanga setiap hari.

Apresiasi pun diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menpar mengatakan tampilnya Garuda Indonesia yang terus mendukung aksesibilitas udara semakin memperkuat industri pariwisata Indonesia. AApalagi, Singapura merupakan hub internasional yang memungkinkan wisatawan dari negara lain terbang ke Indonesia.

"Setelah kita dapat dari Singapura, kita bisa dapat dari mana-mana. Karena Singapura itu sebagai hub, semua orang datang ke sana. Jadi memang pas jika mengejar ke sana," kata Menpar Arief Yahya.

Menpar pun menambahkan jika masa depan pariwisata Belitung akan cerah. Karena Belitung mempunyai KEK Tanjung Kelayang yang merupakan salah satu dari 10 destinasi prioritas. Benchmark-nya pembangunannya akan menyaingi Phuket Thailand atau Langkawi Malaysia.

"Ya, kesanalah arah Belitung hendak dibangun. Kawasan wisata dengan jumlah kunjungan yang besar, destinasi yang tertata rapi berkelas internasional, terawat indah sustainable, dan masyarakat yang semakin sejahtera oleh pariwisata. Ini yang akan kita wujudkan," pungkas Menteri asal Banyuwangi itu.(*)

Reporter/Penulis : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini