OJN Bersama Fatma Saifullah Yusuf Beri Talkshow Kesehatan Kanker

07 Apr 2019 20:58 Omah Jaman Now

Merayakan hari kesehatan internasional, Omah Jaman Now berkolaborasi dengan Fatma Foundation menghelat acara talkshow kesehatan bertajuk "Let's Kick Cancer (hidup sehat, sadari dini cegah kanker), Minggu, 7 April 2019.

Dalam kesempatan ini, Fatma Saifullah Yusuf memperkenalkan yayasan Fatma Foundation yang bergerak pada penyuluhan dan pemeriksaan kanker payudara dan kanker serviks kepada para milenial yang hadir.

"Berangkat dari rasa cinta dan kepedulian, saya ingin memberikan sumbangsih kepada masyarakat Jawa Timur. Yaitu, pemeriksaan kanker payudara dan kanker serviks kepada guru, ustazah, pendidik dan masyarakat tidak mampu secara cuma-cuma," ujar Fatma Saifullah Yusuf dalam paparanya.

Tak hanya itu, Fatma Saifullah Yusuf juga menjelaskan pada milenial bahwa kanker payudara dan serviks adalah jenis kanker yang dapat dicegah.

"Kanker payudara dapat diketahui sedini mungkin lewat pemeriksaan payudara sendiri atau yang dikenal dengan Sadari (dengan cara dipegang, diraba, dicatat adakan perubahan pada payudara). Sedangkan untuk kanker serviks bisa dicegah dengan pap smear dan untuk yang belum menikah bisa dicegah dengan vaksin Human Papiloma Virus (HPV)," ungkapnya.

Pemilik yayasan Citra Fatma Wanita atau yang lebih dikenal Fatma Foundation ini, mengajak kaum milenial di hari kesehatan internasional ini untuk mencintai diri sendiri dimulai dari meningkatkan kualitas kesehatan diri.

Meningkatkan kualitas kesehatan diri, lanjut dia dengan memahami sehat dimulai dari diri sendiri. Prosesnya dimulai dengan makan makanan sehat seperti sayur, buah dan juga olahraga.

"Hindari makanan favorit kalian yaitu mie instant. Anak muda harus rajin olahraga jangan malas, olahraga tidak perlu berat cukup lari setiap hari atau manfaatkan Car Free Day (CFD) yang ada di sini (Taman Bungkul)," kata Fatma yang disambut gelak tawa peserta yang hadir.

Sementara itu, ketua Omah Jaman Now, Evi Ratnasari mengungkapkan alasan memilih pembahasan kanker payudara dan kanker serviks kepada pada milenial yang hadir.

"Kanker serviks dan payudara menjadi pembunuh utama wanita di dunia. Ini yang melatarbelakangi kami fokus pada pembahasan pencegahan dini kanker serviks dan payudara," kata Evi Ratnasari, saat ditemui usai acara.

Evi pun berharap dengan adanya acara ini, anak muda zaman sekarang bisa lebih peduli dan sadar akan pencegahan kanker payudara dan serviks sedini mungkin.

"Karena anak muda adalah masa depan bangsa. Jadi kami ingin membantu memastikan bahwa kondisi anak muda sekarang baik-baik saja, mereka juga bisa lebih aware lagi dengan kesehatan apalagi kanker. Sehingga mereka bisa lebih produktif," imbuh Evi.

Sementara itu, sebanyak 97 milenial yang didominasi kaum wanita terlihat memenuhi Omah Jaman Now yang berlokasi di Jalan Taman Bungkul Nomor 11,Surabaya. Antusias para milenial juga terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan seputar kanker payudara dan kanker serviks.

Salah satu peserta yang hadir, Laila Nisa (24 tahun) mengaku mendapatkan ilmu baru mengenai pentingnya vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks.

"Baru tau tadi kalau vaksin HPV ternyata sangat disarankan. Selain itu tadi juga diberi tau soal pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri, karena cantik itu juga harus sehat," pungkas Nisa. (pit)

Fatma Saifullah Yusuf tengah  bersama dr Ananto SidohutomoMARS Ika Damayanti Survivor kanker moderator dr Ricky Alfaray baju kotakkotak serta pihak Omah Jaman Now Evi Ratnasari Pojok kanan  berfoto bersama di akhir acara FotoPitangopibarengid
Fatma Saifullah Yusuf (tengah) bersama dr. Ananto Sidohutomo,MARS, Ika Damayanti (Survivor kanker), moderator dr. Ricky Alfaray (baju kotak-kotak) serta pihak Omah Jaman Now Evi Ratnasari (Pojok kanan) berfoto bersama di akhir acara. (Foto:Pita/ngopibareng.id)
Reporter/Penulis : Pita Sari
Editor : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini