Salah satu koleksi Mel Ahyar yang mengusung budaya Ukraina. (Foto: Istimewa)

Nytka, Busana dengan Konsep Budaya Cross Stich Ukraina

Inovasi 10 February 2020 20:39 WIB

Budaya cross stich dari Ukraina kini dapat dinikmati dalam wujud busana. Busana ini merupakan karya desainer Mel Ahyar yang berkonsep Nytka, yang dalam bahasa Ukraina berarti benang.

Nytka hadir dalam beragam warna, motif dan potongan. Ada busana dengan model kemeja berpotongan balon di pergelangan tangan, potongan raglan dan siluet A. Semuanya tampak memiliki ciri khas yang sama, yakni sulam cross stitch.

Mel Ahyar mengartikan, karya ini melambangkan melalui objek yang sangat kecil dan tampak tidak berarti, yakni benang dan perempuan telah membentuk sejarah dalam budaya yang saling bertautan.

"Cross stich merupakan sebuah teknik kerajinan istimewa yang telah diwariskan turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya," ujar Mel Ahyar.

Tapi di Ukraina sendiri, lanjut Mel Ahyar, sulam cross stitch dikenal sebagai kegiatan rekreasi dan menjadi besar dari kebudayaan dan identitas bangsa.

Koleksi lainnya yang dengan mengusung budaya Ukraina Foto IstimewaKoleksi lainnya yang dengan mengusung budaya Ukraina. (Foto: Istimewa)

"Untuk membuat baju berkonsep cross stich ini mengunakan kain linen dan rayon yang dipleats dan ditambahkan detail embroidery dan pompom," kata desainer asal Jakarta ini.

Mel Ahyar menambahkan, perempuan cenderung memiliki dunia sendiri yang eksklusif. Sedangkan cross stitch merupakan salah satu gerbang untuk mengintip dunia rahasia kaum hawa.

Seiring berjalannya waktu, fungsi kegiatan sulam cross stitch juga turut berkembang menjadi media yang bersuara bagi para perempuan dalam tatanan sosial.

"Belakangan ini, fungsi cross stitch bergeser lagi menjadi media mediatif yang banyak dipilih generasi milenial dan Z mengatasi kegelisahan mereka. Karena aktivitas kecil ini tidak sulit untuk dipelajari," katanya.

Untuk diketahui, sejarah kerajinan cross stitch sendiri telah ada sejak beberapa abad lalu dan telah membantu perempuan dari berbagai generasi dan zaman untuk melatih kemampuan literasi dan menjahit.

Penulis : Pita Sari

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Apr 2020 13:07 WIB

Besok, PWNU Jatim Adakan Istighosah Kubro Online

Jawa Timur

Bertujuan untuk meminta kepada Allah agar virus corona segera diangkat

07 Apr 2020 12:50 WIB

Dewan Nilai Pemkot Hanya Eksperimen Tangani Corona di Surabaya

Surabaya

Tanggapan dewan atas penarikan masker oleh Pemkot Surabaya

07 Apr 2020 12:35 WIB

Pejabat Makassar Meninggal dengan Status PDP Corona

Nasional

Pejabat Makassar meninggal setelah tiga hari demam.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.