Miss Universe Malaysia Samantha Katie James dikritik warganet setelah berkomentar negatif atas aksi menolak rasisme di Amerika Serikat. (Ilustrasi/Unsplash.com)

Nyinyir, Netizen Minta Gelar Miss Universe Malaysia Dicopot

Internasional 03 June 2020 01:31 WIB

Setelah mengeluarkan komentar yang kontroversial tentang aksi menolak rasisme di Amerika Serikat pasca tewasnya George Floyd, mantan Miss Universe Malaysia Samantha Katie James kini menerima desakan baru dari netizen. Terdapat petisi online yang meminta agar gelarnya dicopot.

Petisi yang muncul di change.org itu telah ditandatangani lebih dari 15 ribu orang. Petisi tersebut menyatakan jika Samantha tak layak menjadi Miss Universe Malaysia, sehingga gelarnya yang lama diminta untuk dicopot.

"Sikapnya yang abai dan kurang sadar tentang keistimewaanya tidak mencerminkan Miss Universe Malaysia, dan dengan petisi ini kami berharap gelarnya dicopot,' tulis petisi itu, dikutip dari New Strait Times.

Petisi itu kemudian mendapat respon dari Organisasi Miss Universe Malaysia (MUMO). Mereka menyebut jika Samantha tak lagi mewakili MUMO sejak Juni 2018.

Namun respon itu juga mendapat update di dalam petisi dengan mengatakan jika mereka kecewa dengan MUMO dan mendesak agar tindakan dilakukan lantaran komentarnya yang disebut rasis. "Jika mereka (MUMO) menentang seluruh tindakan rasis dan prasangka, mereka akan mencabut gelarnya," tulisnya.

Sebelumnya, Samantha yang kini berusia 25 tahun mendapat komentar buruk dari warganet setelah menulis status di Instagramnya dengan kalimat "kepada kulit himan, relax, ambillah itu sebagai tantangan, buatlah kalian lebih kuat," katanya. Ia juga mengklaim jika mereka "memilih terlahir sebagai kuli berwarna di Amerika Serikat dengan alasan tertentu. Untuk belajar alasan tertentu," katanya.

Model keturunan Malaysia-brazil itu kemudian membela kritik yang dialamatkan padanya dengan mengklaim jika ia juga mengalami diskriminasi karena "berkulit putih di sekolah lokal Malaysia,".

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Aug 2020 23:44 WIB

Ganjar Datangi Rumah Warga di Pelosok Wonogiri

Nusantara

Ganjar melakukan kunjungan ke Wonogiri.

06 Aug 2020 23:40 WIB

Angka Kesembuhan Meningkat, Kasus Di Kelurahan Surabaya Turun

Surabaya

Angka kumulatif pasien sembuh hingga Rabu, kemarin, ada 5.822 orang

06 Aug 2020 23:39 WIB

Ganjar Sidak Pembuang Limbah Bengawan Solo

Nusantara

Ganjar memastikan tak ada perusahaan membuang limbah ke sungai.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...