Nurbuat Srimulat

Nurbuat Srimulat Meninggal Dunia pada Malam Takbiran

15 Jun 2018 11:52

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Kabar duka datang dari dunia lawak Tanah Air. Komedian Nurbuat Srimulat meninggal dunia pada Kamis, 14 Juni 2018 pukul 22.30 WIB. 

Kabar duka ini diterima lewat broadcast yang sampai ke wartawan pada malam takbiran. Kabar itu pun juga dibenarkan oleh rekan mendiang Nurbuat di Srimulat, Doyok.

"Ya benar Mas Nubuat meninggal dunia," ujar Doyok pada Jumat, 15 Juni 2018.

Menurut Doyok,  jenazah suami Rohana 'Srimulat' itu langsung diterbangkan ke kamlung halamannya, yakni Ambarawa, Jawa Tengah.

Nurbuat Srimulat meninggal dunia di usia 69 tahun, di Jakarta. Menurut Doyok, pelawak senior itu meninggal dunia karena asma.

Sebelum meninggal, Nurbuat sempat dilarikan ke RS Harum, Kalimalang, Jakarta Timur. "Mas Nurbuat memang menderita sesak napas sudah lama," ucap Doyok. 

Nurbuat malang melintang di dunia pentas lawak sejak 1970. Bakatnya menjadi pelawak terasah sejak usia 21 tahun, saat berkecimpung di dunia seni pentas. Diawali dari kelompok ludruk Anoraga milik Batalion 513 Malang.

Pada 1979, Nurbuat bergabung dengan ludruk Mandala dan sering tampil di Sarinah Jakarta. Awal 1982, Nurbuat bergabung dengan Srimulat dan membuat kariernya melambung menjadi pelawak kondang Tanah Air.