Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. (Foto: Istimewa)
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. (Foto: Istimewa)

NU Gelar Rukyatul Hilal 23 April, Kemenag Sidang Isbat via Video

Ngopibareng.id Khazanah 07 April 2020 04:49 WIB

Menjelang pelaksanaan ibadah bulan Ramadhan 1441 H tahun ini, Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) mengadakan Rukyatul Hilal pada 23 April 2020 mendatang. Kegiatan ini dilakukan di sejumlah titik, khususnya untuk menyaksikan munculnya bulan sebagai tanda awal bulan Ramadhan.

Di Jawa Timur, biasanya digelar di Gresik, Surabaya, Bangkalan, dan sejumlah tempat lain. Sedang di Indonesia, di berbagai daerah, baik di Jawa, di Sumatera, Kalimantan, hingga di Papua. Dari pantauan masing-masing Lembaga Falakiyah NU inilah yang akan dilaporkan ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta, yang kemudian menjadi masukan guna penetapan awal Ramadhan bagi pemerintah, dalam hal ini melalui Kementerian Agama.

Terkait hal ini, Kementerian Agama telah merilis informasi akan menggelar sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1441H pada 23 April 2020. Berbeda dari biasanya, sidang digelar dengan memanfaatkan sambungan komunikasi jarak jauh atau video konferensi.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan, sidang Isbat dengan video konferensi menjadi bagian upaya Kemenag dalam mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). "Isbat awal Ramadan akan kita gelar dengan kehadiran peserta yang terbatas, selebihnya secara video konferensi," terang Kamaruddin Amin, dikutip Selasa 7 April 2020.

Menurutnya, hanya sebagian peserta yang dihadirkan ke kantor, yaitu perwakilan MUI, DPR, dan Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Cecep Nurwendaya. Untuk pejabat eselon I dan II yang diundang juga hanya dari Ditjen Bimas Islam saja. Undangan lainnya bisa mengikuti malalui saluran komunikasi dalam jaringan (daring) yang akan disiapkan tim Kementerian Agama.

"Sidang dimulai sebelum magrib, diawali paparan posisi Hilal awal Ramadhan 1441H oleh Cecep Nurwendaya," kata Kamaruddin.

"Setelah Magrib di Jakarta, sidang penetapan digelar tertutup. Hasil sidang diumumkan oleh Menag Fachrul melalui jumpa pers," sambungnya.

Kamaruddin menambahkan, pihaknya sedang mengkaji kemungkinan melakukan video konferensi pers juga sehingga tim media bisa mengikutinya dari kantor masing-masing.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Dec 2020 23:49 WIB

Dukung Er-Ji, Tim Suramadu Yakin Sumbang 150 Ribu Suara

Pilkada

Segmentasi Madura akan diarahkan memenangkan Eri-Armuji

03 Dec 2020 23:25 WIB

Sudah Ditangkap, Nikita Mirzani Bakal Ikut Laporkan Ustaz Maaher?

Kriminalitas

Nikita Mirzani berencan melaporkan Maaher minggu depan.

03 Dec 2020 23:13 WIB

Satgas Covid-19 Minta KPU Perketat Protokol Kesehatan di TPS

Pilkada

Satgas Covid-19 Minta KPU Perketat Protokol Kesehatan di TPS

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...