NTT Juara Miss Grand Indonesia 2019, Nadia Purwoko Tagih Hadiah

30 Aug 2019 09:50 Ngopitainment

Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sarlin Jones berhasil meraih mahkota Miss Grand Indonesia (MGI) 2019. Malam puncak kontes kecantikan MGI 2019 digelar pada Kamis malam, 29 Agustus 2019, di Balai Sarbini, Jakarta Selatan. Kontes kecantikan ini akan ditayangkan secara live oleh stasiun televisi Metro TV.

Sarlin Jones berhasil menyisihkan 33 besar finalis lainnya yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Mahkota diserahkan langsung oleh Miss Grand International 2018, Clara Sosa.

Sebelum terpilih menjadi pemenang, Sarlin Jones dan 33 finalis lainnya menjalani 10 hari masa karantina yang dimulai sejak tanggal 17 Agustus 2019, lalu di Labuan Bajo.

Tidak hanya itu, mereka juga menjalani berbagai kegiatan termasuk sesi preliminary show dan sesi penjurian traditional costume pada Selasa, 27 Agustus 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata RI, Jakarta. Di tahap tersebut, para finalis menunjukkan kebolehannya mengenakan busana tradisional dari daerahnya masing-masing.

Kemudian di malam puncak penyelenggaraan MGI 2019, melalui tahap penilaian oleh tujuh dewan juri, 34 finalis disaring kembali menjadi 10 besar, 5 besar, dan 3 besar untuk bersaing mendapatkan gelar MGI 2019.

Ketiga finalis terpilih berasal dari NTT, Bali dan Sumatera Utara, diberi waktu 30 detik untuk menjawab satu pertanyaan yang sama. Akhirnya, dewan juri memilih Sarlin Jones, sebagai pemenang MGI 2019.

Sarlin Jones akan mewakili Indonesia pada kontes Miss Grand International 2019, yang bertujuan pada aksi perdamaian dunia. Adapun Runner Up 1, diraih oleh Cindy Yuliani, dan Runner Up 2, Gabriella Hutahaean dari Sumatera Utara.

Pemandangan yang janggal saat Miss Grand International 2018, Clara Sosa yang menyerahkan mahkota kepada Sarlin Jones. Pemenang MGI 2018 Nadia Purwoko tak terlihat di atas panggung.

MGI baru pertama kali digelar pada 2018. Nadia Purwoko perwakilan dari Provinsi Bengkulu keluar sebagai pemenang. Ia berhasil mengungguli Runner-up 1 Miss Grand Sumatera Utara Vivi Wijaya dan Runner-up 2 Miss Grand DKI Jakarta Stefani Cecilia Munte.

Sebagai pemenang dari ajang tersebut, Nadia Purwoko berhak mendapatkan sederet hadiah yang terbilang mewah.

Ia berhak untuk mengenakan mahkota hasil rancangan kolaborasi antara Rinaldy Yunardi dan Passion Jewelry senilai Rp3 miliar.

Selain itu, Nadia juga berhak mendapatkan satu unit apartemen yang ada di kawasan SCBD Sudirman Jakarta Selatan.

Kemudian ia akan dijadikan sebagai brand ambassador bank BCA yang menjadi sponsor utama ajang tersebut.

Terakhir, Nadia juga mendapatkan sepaket produk kecantikan dan voucher untuk perawatan diri senilai Rp 175 juta.

Namun pada kenyataannya, hingga saat ini Nadia Purwoko belum kunjung mendapatkan hadiah yang dijanjikan tersebut. Hal tersebut diungkap Nadia di laman Instagramnya, pada 16 Juni 2019.

Awalnya, Nadia Purwoko hanya ingin mengklarifikasi ketidak hadirannya dalam malam final Miss Grand Jatim 2019. Namun ada seorang netizen menanyakan soal apartemen yang didapatnya sebagai hadiah tahun lalu.

"Kak apartementnya kok gak pernah di expose?" tanya akun @beccabecco.

"Sampai sekarang aku masih memperjuangkan hadiah aptku dan hak lainnya," jawab Nadia Purwoko.

Meski mengaku belum mendapatkan hadiah MGI 2018, bahkan tak dilibatkan dalam MGI 2019, Nadia Purwoko telah menjalankan tugasnya sebagai putri perdamaian.

Salah satu contoh, ia mewakili Indonesia di ajang Miss Grand Internasional 2018 di Yangon, Myanmar, pada 25 Oktober 2018.

Ia sukses menyabet juara ketiga dan Miss Best Social Media. Sedangkan mahkota Miss Grand Internasional diraih Clara Sosa perwakilan dari Paraguay, dan juara kedua Meenakshi Chaudhary dari India.