Ilustrasi asteroid. (Instagram)

November, Asteroid Sebesar Kulkas Bakal Hantam Bumi?

19 Oct 2020 23:15

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Asteroid yang diperkirakan berukuran sebesar lemari pendingin atau kulkas, diramalkan akan menghantam bumi, menjelang pemilihan presiden di Amerika Serikat, November nanti.

Ramalan itu disampaikan oleh ilmuwan yang juga selebritis, Neil deGrasse Tyson. Menurutnya hantaman itu tak akan menyebabkan kerusakan yang serius.

Astrofisika populer itu menyebut jika benda langit itu kini sedang meluncur dengan kecepatan 25.000 mil per jam. Asteroid bernama 2018VP1 diperkirakan akan membentur bumi pada 2 November, sehari sebelum pilpres AS."Mungkin ia akan membentur bumi, pada 2 November. Sehari sebelum Pemilihan Presiden Amerika Serikat," katanya dilansir dari Fox News.

Ia menambahkan jika peristiwa ini tak akan membuat penduduk bumi berjaga karena ukurannya "tak cukup besar untuk menyebabkan kerusakan." "Jadi jika bumi kiamat di akhir 2020, itu bukan karena kesalahan semesta," katanya.

Status yang diunggah satu hari lalu waktu Instagram itu, telah disukai sedikitnya 52 ribu kali.

Sebelumnya, NASA telah menyebutkan jika sebuah asteroid sedang meluncur menuju bumi, dengan kemungkinan sangat kecil membentur bumi, mencapai 1 persen. "Ada kemungkinan 0,41 persen asteroid itu memasuki armosfer bumi. Tapi jika asteroid itu mampu, maka ia akan terpecah lantaran ukurannya yang sangat kecil," kata NASA. (Fox)