Menu Palappa Sampan, masakan berbahan ikan yang di sajikan di kawasan Kuliner  di Pondok Trawang (foto:Muh Hujaini/ngopibareng.id)
Menu Palappa Sampan, masakan berbahan ikan yang di sajikan di kawasan Kuliner di Pondok Trawang (foto:Muh Hujaini/ngopibareng.id)

Nikmatnya Palappa Sampan, Kuliner Baru Berbahan Ikan

Ngopibareng.id Nguliner Yuk 27 July 2020 18:00 WIB

Di Banyuwangi, Jawa Timur, ada menu makanan laut baru yang layak untuk dicoba. Namanya Palappa Sampan.

Kuliner ini menjadi salah satu masakan berbahan ikan yang paling dicari di sentra kuliner Pondok Trawang, Kelurahan Kampung Mandar, Banyuwangi.

Kuliner Palappa Sampan dulunya merupakan masakan khas yang menjadi bekal nelayan saat melaut untuk berburu ikan.

Dari rumah, nelayan yang akan melaut sudah menyiapkan bumbu yang dalam bahasa Madura disebut Palappa lengkap dengan nasinya.

Kemudian, bumbu yang sudah disiapkan itu dibawa sebagai bekal melaut dengan menggunakan sampan (perahu). Sedangkan ikannya diambil dari hasil tangkapan.

"Yang makan yang kerja di laut itu. Nelayan yang melaut itu. Dilaut itu makannya biasanya pakai cobek, tidak pakai piring, tidak pakai sendok," kata salah satu nelayan asal Kelurahan Kampung Mandar, Bunawi, 60 tahun.

Bumbu yang digunakan untuk kuliner yang satu ini sebenarnya merupakan bumbu yang umum dipakai dalam masakan. Mulai bawang putih, bawang merah, lombok, merica, jahe, garam, penyedap rasa dan bumbu-bumbu lainnya.

"Pokoknya bumbu lengkap. Mau kerja naik sampan, mau kerja ke tengah laut ya bumbu itu sudah," jelas pria yang biasa dipanggil Pak Ambon ini.

Seiring dengan kemajuan pariwisata dan kuliner yang ada di Banyuwangi, Bunawi yang memiliki warung di area Pondok Trawang mulai mengenalkan menu Palappa Sampan tersebut pada pengunjung warungnya. Sehingga menu inipun menjadi salah satu menu andalan di warung miliknya.

"Jadi saya sajikan di warung kuliner saya. Ternyata ada yang suka dan terus banyak yang suka," ungkapnya.

Masakan Palappa Sampan ini, menurut Pak Ambon, bisa menggunakan jenis ikan apa saja. Mulai dari Ikan Kerapu, ikan Putihan hingga ikan Tambak.

Yang tidak kalah penting, harga kuliner Palappa Sampan sangat terjangkau. Pengunjung tidak perlu takut akan mengeluarkan banyak uang untuk menikmati makanan ini.

"Dijualnya per ons. Satu ons harganya Rp10 ribu," katanya.

Kenikmatan menu Palappa Sampan akan semakin lengkap dengan suasana khas di area Pondok Trawang.

Pengunjung bisa menikmati menu masakan ini di dalam pondok tranparan yang sudah disiapkan. Sehingga sambil menyantap menu, pecinta kuliner bisa sekaligus menikmati suasana pantai dengan perahu yang berjajar.

Pondok berdinding dan atap plastik ini memang didesain sebagai tempat makan steril sesuai protokol kesehatan antisipasi Covid-19.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Nov 2020 23:45 WIB

Khofifah Minta Kepala Daerah Percepat Realisasi Anggaran

Pemerintahan

Harap percepatan anggaran untuk tangani dampak Covid-19

30 Nov 2020 23:30 WIB

Pukuli Warga, 4 Polisi Prancis Diseret ke Pengadilan

Internasional

Mereka memukul warga kulit hitam pada 21 November lalu.

30 Nov 2020 23:10 WIB

Bagikan Beras saat Pilkada, Warga Jabar Dipenjara Tiga Tahun

Pilkada

Pelanggaran pilkada di Ciganjur.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...