Kadinkes Jatim, dr Herlin Ferliana. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Jatim Nihil Positif Corona, Hanya 11 PDP dan 22 ODP

Jawa Timur 15 March 2020 19:47 WIB

Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur menegaskan hingga saat ini belum ditemukan satu orang pun yang positif terpapar virus corona. Hanya saja, memang ada sebanyak 11 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan 22 orang berstatus orang dalam pengawasan (ODP).

“Semua negatif. Di Jawa Timur belum ada yang positif,” kata Kepala Dinkes Jatim, dr Herlin Ferliana saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu 15 Maret 2020.

Herlin menjelaskan, 11 orang PDP dan 22 ODP itu sampai saat ini masih dalam tahap perawatan karena memiliki gejala yang terindikasi menyebabkan virus corona seperti demam, batuk dan flu. Khusus pasien PDP, ada gejala lain yakni pneumoni atau radang paru-paru.

Mantan Direktur RSJ Menur itu mengatakan, 33 orang tersebut tersebar di hampir seluruh wilayah Jatim. Ada yang dirawat di Surabaya, Sidoarjo, Malang dan beberapa lainnya.

Berdasarkan data, pasien-pasien yang sebelumnya dikabarkan meninggal di wilayah Jatim akibat virus corona itu tidak benar, meski ada gejala yang hampir sama.

"Kemarin meninggal itu dalam kondisi dia punya penyakit penyerta yakni sakit sirosis hepatitis atau sakit liver. Kebetulan dia dari negara terjangkit,” katanya.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 21:45 WIB

Pandemi, 1.300 Siswa Banyuwangi dapat Bantuan dari SAS

Pendidikan

Bantuan berupa sejumlah penunjang belajar jarak jauh.

29 Sep 2020 21:30 WIB

Operasi Yustisi Jawa Timur, Satu Orang Dipenjara

Jawa Timur

19.385 masyarakat yang terjaring dalam operasi ini.

29 Sep 2020 21:15 WIB

Pemulihan Ekonomi 2021, Pemkot Malang Kaji Pembangunan LRT

Jawa Timur

Panjang trase capai 35 kilometer.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...