KH Anwar Manshur, Pengasuh Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

Ngaji Kitab Kuning, Para Kiai dan Guru Ngaji Medsos via Streaming

Khazanah 18 May 2020 02:29 WIB

Kiai dan Guru Ngaji Nahdlatul Ulama penuhi media sosial dengan streaming pengajian kitab kuning terhitung mulai awal Ramadhan. Inisiatif ini didasari ketika pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia pada sebelum Ramadhan.

Ramadhan yang biasanya diisi oleh kegiatan-kegiatan pesantren kilat selama bulan puasa ini atau kegiatan syiar-syiar Ramadhan, kini tidak lagi sama. Kegiatan Ramadhan tersebut akan berisiko menambah laju penyebaran Covid-19. Oleh karena itu para kiai dan guru ngaji, khususunya kalangan NU berinisiatif untuk ngaji streaming kitab kuning.

Nama-nama besar di Nahdlatul Ulama pun ikut mengisi pengajian kitab kuning secara streaming. Kitab kuning yang merupakan kitab yang dikarang para ulama seluruh dunia khusunya nusantara ini merupakan upaya para ulama terdahulu untuk masyarakat agar lebih dalam lagi memahami Al-Qur’an dan Hadits.

Alasannya, di dalam kitab banyak perincian-perincian hukum dan hikmah yang kita temukan sehari hari yang masih tersirat apabila dalam Al-Quran dan Hadits.

KH Ahmad Mustofa Bisri Gus Mus memelopori ngaji via medsos Foto IstimewaKH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) memelopori ngaji via medsos. (Foto: Istimewa)

Berikut ini beberapa nama-nama Kiai dan para Guru Ngaji yang melaksanakan streaming ngaji kitab kuning, seperti dilansir situs Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU):

KH. Said Aqil Siroj – Pengajian Qasidah Burdah
KH. Musthofa Bisri- Kitab Akhlak Al Muslim
KH. Marzuki Mustamar – Kitab Ihya Ulumuddin, Mukhtarul hadis
KH Idris Sholeh – Kitab Ma Ladzatul ‘Aisy
KH. Misbahul Munir – Kitab Durratun Nasihin
KH. Jamaluddin F Hasyim – Kitab Ithaf Ahlil Islam Bi Khususiatis Shiam
KH. Ahmad Shodiq – Ngaji Kerajaan Sumenep
KH. Qosim Arysadani Shomad – kitab qomi at-tughyan
Gus Ulil Abshar Abdalla – Ngaji Pasanan: (1) Al-Munqidz Min al-Dlalal (halaman 85) dan (2) Ihya’ Ulumiddin (halaman 999), keduanya karya Imam al-Ghazali
Gus Imad – Kitab Nashoibul Ibad
Gus Hayid – Kitab Annurul Mubin
Gus Khotibul Ulam – Kitab Shumu Liru’yatihi wa Afthiru Li Ru’yatihi
Abdul Moqsith Ghazali – Tafsir Al-Wasith
Ustdz Nur Rohmad – Kitab aqidatul awam

Daftar nama di atas hanya beberapa saja yang disebutkan, masih banyak lagi para kiai dan guru ngaji yang melakukan streaming ngaji kitab kuning. Pengajian kitab kuning para kiai dan guru ngaji tersebut bisa ditemukan di youtube dengan memasukan keyword nama dan kitabnya.

Adapun Lembaga dakwah PBNU juga meramaikan streaming ngaji kitab kuningnya yang bertajuk pengajian ramadlan dalam kegiatan syiar ramadlannya memanfaatkan media facebook.

Berikut ini link untuk menuju ke halaman fanspage lembaga dakwah PBNU dan grup lembaga dakwah PBNU. Ikuti agar tidak ketinggalan ngaji daring bareng para kiai dan guru ngaji NU.

"Wabah Covid-19 bukan alasan untuk tidak ngaji. Mari manfaatkan teknologi untuk tidak menyia-nyiakan momen Ramadlan ini agar tidak ada penyesalan nanti. Mari ngaji bersama para Kiai dan Guru Ngaji Nahdlatul Ulama, sebab Kiai dan Guru Ngaji NU selalu menyampaikan pesan-pesan yang baik, pesan yang ramah. Dakwah Ramah Dakwahnya Ahlusunnah walJama’ah," tutur Abdullah Faqih dari LDNU.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 13:23 WIB

UTBK Hari Terakhir di Unair Diikuti 14 Peserta

Pendidikan

Peserta UTBK di Unair hari terakhir diikuti 14 orang, dan 1 orang absen.

11 Jul 2020 13:10 WIB

Rekor Baru, India Tambah 27 Ribu Kasus Covid-19 Sehari

Internasional

Kasus Covid-19 di India melonjak tajam selama sembilan hari.

11 Jul 2020 13:10 WIB

Masjid Al Akbar Batasi Jemaah Salat Idul Adha, Ini Cara Daftarnya

Surabaya

Pembatasan jemaah dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...