Ngabuburit Positif, Warga Pilih di Taman Baca Alun-alun Lamongan

13 May 2019 13:57 Serba-serbi

Pasca renovasi, fasilitas baru taman baca Alun-alun Lamongan menjadi salah satu destinasi ngabuburit bagi anak muda di Lamongan. Terletak di antara pusat permainan dan outbond, taman baca Alun-alun Lamongan tidak pernah sepi selama ramadhan.

Fitriyah, staf layanan taman baca mengatakan meskipun tidak seramai hari biasanya, jumlah pengunjung di bulan ramadhan cenderung stabil. "Memang setiap harinya seperti ini. Biasanya mulai ramai kalau sore atau hari Minggu," katanya saat ditemui Senin, 13 Mei 2019.

Taman baca Alun-alun Lamongan sendiri buka setiap senin-jumat pukul 07.00-13.00 WIB. Hari Minggu buka mulai pukul 07.00 - 10.00 WIB. Dalam satu hari jumlah pengunjung bisa mencapai 250 orang, terutama saat akhir pekan.

Berdasarkan data yang diakses di website perpus.lamongankab.go.id, sejak diresmikan pada 14 Februari 2019, pengunjung taman baca Alun-alun Lamongan sudah mencapai lebih dari 1000 orang.

Fitriyah mengungkapkan sampai saat ini pengunjung didominasi anak-anak dan pelajar. Berbeda dengan hari biasa yang ramai saat pagi, suasana taman baca Alun-alun saat bulan ramadhan justru ramai saat siang hingga sore jelang berbuka.

"Kalau hari biasa kan anak-anak sekolah yang biasanya olahraga pagi-pagi, kalau bulan puasa yah siang sampai sore mulai ramai," terang perempuan yang berjilbab ini.

Siswasiswi sekolah dasar menghabiskan waktu di taman baca Alunalun Lamongan Foto Fitringopibarengid
Siswa-siswi sekolah dasar menghabiskan waktu di taman baca Alun-alun Lamongan (Foto: Fitri/ngopibareng.id)

Vani, salah satu pengunjung taman mengaku menghabiskan waktu sambil menunggu buka puasa di taman baca Alun-alun Lamongan. Bersama dua teman lainnya, Vani sekaligus mencari tempat yang nyaman untuk beristirahat. "Tadi pulang sekolah. Mau ngabuburit sambil ngadem baca-baca," katanya. 

Selain tempat yang nyaman, taman baca Alun-alun Lamongan hampir memiliki 3000 koleksi buku anak-anak hingga umum. Setelah puas membaca buku, pengunjung bisa melaksanakan sholat di Masjid Agung Lamongan sambil berjalan-jalan menikmati fasilitas gratis dan berswafoto di Alun-alun Lamongan. 

Adanya bahan bacaan seperti di Taman Baca Alun-alun bisa menjadi sarana wisata edukasi dan pusat pembelajaran masyarakat Lamongan. Masyarakat dapat memanjakan keluarga tercinta dengan menikmati permainan dan hiburan yang ada di Alun-alun. Pentingnya menumbuhkan rasa cinta buku dan budaya membaca sejak dini sebagai bekal membuat generasi emas dan berdaya bersaing dapat dilakukan di area Taman Baca. (kik)

Reporter/Penulis : Rizki Utomo Putri
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini