New media art berupa robot microkontroller yang idenya berkaca pada keseharian.(Foto: Pita/Ngopibareng.id)

New Media Art, Aji Prasetyo Temukan Ide pada Robot Berkepala Paku

Teknologi dan Inovasi 12 January 2020 15:12 WIB

Seni rupa identik dengan lukisan, patung, dan grafis. Tapi hal lain dilakukan seniman muda, Aji Prasetyo dengan membuat Robot Gedek Evolution 2020 yang merupakan New Media Art.

"New media art itu visualisasi karya dengan mengunakan media yang tidak umum. Seperti yang saya lakukan yaitu memvisualisasikan karya seni pada robot yang terbuat dari mikrokontroller ini," kata pria yang akrab disapa Aji ini.

Robot yang dipamerkan dalam gelar karya Symbiyouth Art Exhibition yang bertempat di c2o library ini. Terlihat seperti seorang yang sedang duduk, namun ketika dilihat lebih dekat, kepala robot berbaju floral berhias sejumlah paku ini bisa berputar 360 derajat sambil mengerakan tangannya ke kiri dan ke kanan.

"Kepalanya yang memutar itu melambangkan kebingungan dalam diri saya. Kebingungan tersebut disebabkan banyaknya ide-ide yang ada di kepala saya, ide-ide tersebut saya lambangkan dengan banyaknya paku di kepalanya," ungkap Alumnus Unesa.

Untuk diketahui, karya Aji ini merupakan pengalaman dari kisah hidupnya sendiri yang diwujudkan dalam karya seni.

Robot microkontroller yang bisa bergerak hingga 360 derajat yang dipamerkan di c2O libraryFoto PitaNgopibarengidRobot microkontroller yang bisa bergerak hingga 360 derajat yang dipamerkan di c2O library.(Foto: Pita/Ngopibareng.id)

"Dengan karya ini melambangkan bahwa pemikiran dasar dan ide proses kreatif untuk menciptakan karya tidak lepas dari lingkungan masing-masing," paparnya, Minggu, 12 Januari 2020.

Ide dari pembuatan robot sendiri, menurutnya muncul dari keadaan di tempat tinggalnya yang tak memiliki satpam.

"Sebelum memasuki perkampungan rumah saya, biasanya saya lewat perumahan yang dijaga ketat oleh satpam. Dari sini saya berpikir bahwa saya juga bisa membuat satpam sendiri dengan robot ini," cerita Aji.

Lanjutnya, robot gedek ini merupakan karya pertama Aji dengan mengunakan microkontroller sendiri. Microkontroller adalah device hardware yang bisa diprogram coding yang berisi perintah. Seperti berhenti sepuluh detik, bergerak 29 detik.

"Waktu pembuatannya pun hanya satu hari, dengan material kayu. Tantangannya ada pada pematangan ide dengan waktu yang cukup lama," tambahnya.

Kedepannya Aji, masih ingin membuat art robot microkontroller ini dengan bentuk dan ide lainnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Feb 2020 13:14 WIB

PLN: 1.096 Gardu Terdampak Banjir Sudah Menyala

Nasional

Sebagian besar sudah nyala

26 Feb 2020 13:09 WIB

Keluarga Anak Kiai Cabul, Janji Akan Penuhi Panggilan Penyidik

Kriminalitas

Dipastikan akan datang setelah tim negosiasi telah bertemu keluarga

26 Feb 2020 12:51 WIB

Gabung Arema FC, Feby Eka Putra Optimistis Dapat Menit Bermain

Liga Indonesia

Ungkap kepindahan ke Arema juga faktor keluarga

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.