Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyo bersama ibundanya, Siti Habibah (kiri), Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) saat menjenguk sang nenek sebelum meninggal dunia. (Foto: Instagram Edhie Baskoro Yudhoyono)

Nenek Meninggal, Ibas Yudhoyono dan Istri Terbang dari Turki

Human Interest 31 August 2019 10:06 WIB

Putra kedua Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, tak berada di sisi sang nenek, Siti Habibah saat menghembuskan nafas terakhir, Jumat 30 Agustus 2019 malam.

Ibunda SBY itu wafat saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur. Selama 24 hari, Siti Habibah mendapatkan perawatan medis.

Sementara itu, Ibas tengah berada di Kairo, Mesir. Ia langsung menumpang penerbangan Sabtu pagi ini, agar bisa sampai ke Tanah Air untuk menghadiri pemakaman eyangnya di TPU Tanah Kusir, Jakarta.

Menurut jadwal yang disampaikan kakak Ibas, Agus Harimurti Yudhoyono, jenazah Siti Habibah dikebumikan usai salat Dhuhur dan salat jenazah berjamaah siang ini.

"Mas Ibas lagi ada di Mesir. Tadi pagi dia sudah langsung terbang ke Jakarta. Kita berharap sampai lebih cepat sehingga bisa mengikuti acara prosesi pemakaman," ujar Ketua Divisi Hukum dan Advokasi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, di rumah duka, Puri Cikeas, Bogor.

Ibas Yudhoyono sempat mengunggah fotonya sedang berdoa dalam sebuah masjid dan menulis keterangan untuk eyangnya.

"Selamat jalan eyang, berbahagialah & tentramlah di sisi Allah SWT.. Doa dan rindu kami selalu padamu. Doa kami selalu untuk eyang Buyut Siti Habibah... Husnul Khotimah & Rest In Love Eyang... Al Fatihah," tulis suami Aaliyah Rajasa ini.

Ibas Yudhoyono juga meminta maaf karena masih dalam perjalanan dari Kairo bersama sang istri menuju Tanah Air. Dan yang membuat sedih, dalam kalimat terakhirnya, Ibas Yudhoyono menitip salam untuk ibunda tercinta, Ani Yudhoyono yang lebih dulu meninggal dunia pada 1 Juni lalu karena kanker darah.

"Sampaikan salam rindu kami juga untuk Memo ya Eyang Bibah," tulisnya disertai dengan emoticon menangis.

Aliya Rajasa juga merasakan duka mendalam atas kepergian almarhumah. Apalagi saat ini, dia bersama sang suami tak berada di Indonesia.

"Innalillahiwainailaihiraijun.. Selamat jalan eyang berbahagialah di sisi Allah SWT.. Doa dan rindu kami selalu padamu. Maafkan kami yang masih di perjalanan kembali ke Tanah Air dari giat di Cairo.. Doa kami selalu untuk Eyang Bibah.. Rest In Love Eyang," tulis dia.

Annisa Pohan, istri AHY juga menuliskan untaian doa untuk mendiang nenek suaminya tersebut. "Ya Allah... Ampunilah Ibu Siti Habibah binti Abdul Kohar, berilah rahmat padanya, selamatkanlah ia dan maafkanlah ia," tulis Annisa.

Dia bahkan mengutip sebuah ayat dalam Alquran, yakni Surat Al Fajr ayat 27-30, yang berbunyi: Hai Jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridai-Nya. Maka masuklah ke dalam jemaah hamba-hamba-Ku, masuklah ke dalam surga-Ku.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 May 2020 21:45 WIB

Vicky Eko Nurcahyo, Dokter yang Langganan Juara Balap Sepeda

Feature

Dokter THT langganan juara sepeda.

17 May 2020 09:32 WIB

PSI Surabaya Anggap Bantuan Beras Bergambar Eri Cahyadi Biasa

Surabaya

DPRD ingin, masyarakat lebih teliti dalam membaca informasi.

17 May 2020 07:11 WIB

Beras Bansos Bantuan Eri Cahyadi, Sudah Beredar Awal Puasa?

Surabaya

DPRD berspekulasi jika sumber Bansos dari APBD atau CSR.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.