Ilustrasi bus. (Foto: Istimewa)

Nataru, Angkutan Tambahan Disiapkan Hadapi Lonjakan Penumpang

Jawa Timur 16 December 2019 18:23 WIB

Angkutan umum akan ditambah untuk menghadapi masa libur perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di Jawa Timur (Jatim). Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Fattah Jasin ketika ditemui di Gedung Polda Jatim, Surabaya, Senin 16 Desember 2019.

Mantan Asisten 1 Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu mengatakan, jika penambahan itu dilakukan untuk mengantisipasi membeludaknya penumpang yang menggunakan jasa transportasi.

"Pak Menteri Perhubungan sudah mengadakan rakor dengan Kepala Dinas Perhubungan provinsi se-Indonesia dengan para operator penyelenggara treansportasi moda laut, udara darat. Intinya bahwa diperkirakan kurang lebih 7-10 persen yang harus kita siapkan untuk penumpang," kata Fattah Jasin kepada wartawan.

Lonjakan penumpang ini diprediksi meningkat karena masa liburan cukup panjang, mulai  21 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020. Masa liburan tidak hanya akan dinikmati oleh anak-anak sekola yang libur saja, namun akan dinikmati para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengambil cuti tahunannya.

Peningkatan penumpang diprediksi akan meningkat pada moda transportasi darat seperti bus dan kereta api. Kedua adalah moda transportasi udara, dan terakhir moda transportasi laut.

"Pada masa libur Nataru kita sudah persiapkan angkutan tambahan yaitu 6.000 unit bus, 750 rangkaian kereta, 48 kapal laut, 52 kapal penyebrangan, dan ada ekstra flight (penerbangan). Khusus Transportasi udara tahun ini memang menurun, namun tetap disiapkan karena libur sekolah dan cuti ASN," kata pria yang akrab disapa Fattah itu.

Tak hanya mempersiapkan transportasi tambahan, Dishub Jatim juga telah mengecek kesiapan jalan nasional yang akan menjadi titik utama peningkatan jumlah pengguna jalan yang menggunakan mobil, sepeda motor, dan bus.

"Sudah koordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, saya ingin pastikan bahwa struktur jalan nasional di Jawa Timur secara fisik 94 persen mantap. Artinya mendukung alur transportasi di Jawa Timur," ujar Fattah Jasin.

Untuk memberi kenyamanan bagi para pengguna moda transportasi telah disiapkan posko yang dapat digunakan untuk berisitrahat. Demi keselamatan anda, jangan paksakan diri berkendara jika mengantuk atau kelelahan.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Feb 2020 11:21 WIB

Aktivitas Observasi 188 WNI ABK World Dream di Pulau Sebaru

Nasional

Awak kapal pesiar World Dream tidak ada tanda-tanda idap virus corona.

29 Feb 2020 11:16 WIB

Korsel Laporkan 594 Infeksi Baru Virus Corona

Internasional

Dari angka itu, sejumlah 476 kasus berasal dari kota bagian tenggara Daegu.

29 Feb 2020 11:00 WIB

6 Fakta Penutupan Kantor KBRI di Seoul

Nasional

Untuk mengantisipasi corona di Korea Selatan, KBRI menutup kantor.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.