Andrea Iannone nasibnya tak jelas. (Foto: Twitter/@andreaiannone29)

Nasib Tiga Pembalap Senior Italia Ada di Persimpangan

MotoGP 30 May 2020 23:34 WIB

Hingga kini nasib tiga pembalap senior asal Italia di MotoGP 2021 tak kunjung jelas. Mereka adalah Valentino Rossi, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone.

Status ketiganya di tim masing-masing masih menggantung. Padahal, kontrak mereka akan segera berakhir.

Rossi misalnya, meski sempat dikabarkan bakal bergabung dengan tim satelit Yamaha, Yamaha Petronas SRT bersama Franco Morbidelli, juara dunia sembilan kali itu belum juga memutuskan masa depannya.

Alih-alih bergabung dengan Petronas, akhir-akhir ini isu seputar Rossi pensiun dari dunia balap yang membesarkan namanya itu justru menguat. Tempatnya di Petronas bisa jadi akan diisi oleh rookie Xavi Vierge.

Situasi berbeda dialami Dovizioso. Pasalnya, runner-up MotoGP 2019 itu masih berkutat dengan negosiasi kontrak dengan Ducati.

Pesaing utama Marc Marquez dalam beberapa tahun terakhir ini merasa layak mendapatkan besaran gaji seperti sebelumnya, sementara Ducati ingin Dovi menerima gaji lebih rendah sebagai imbas dari krisis keuangan selama pandemic Covid-19.

Bahkan, kabarnya Ducati akan memotong setengah dari besaran gaji sebelumnya. Tentu saja hal ini tidak diinginkan Dovi yang merasa layak mendapatkan upah yang sebanding dengan prestasinya. Sampai ini, kedua pihak belum menemukan solusi atas persoalan tersebut.

Selain masalah itu, Dovi juga menuntut ada pengembangan motor yang signifikan di musim 2021. Evolusi itu dibutuhkan Dovi untuk mengejar ketertinggalannya dari Marquez yang sangat dominan dalam dua musim terakhir.

Sedangkan Iannone menunggu dalam ketidakpastian menyusul kasus doping yang melibatkan dirinya. Seperti diketahui, Iannone divonis hukuman larangan berlomba cukup lama.

Jika sanksi itu memaksa Iannone menepi sampai balapan MotoGP 2021 diputar, ia akan kehilangan tempatnya di tim Aprilia. Rencananya, MotoGP 2021 akan dimulai pada pertengahan Juli tahun depan.

Memang masih ada Pramac yang juga tertarik memboyong pembalap yang pernah memperkuat mereka selama dua musim itu. Namun mereka masih ingin melihat lagi berapa lama masa hukuman yang dijatuhkan untuk Iannone.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 12:20 WIB

Video Latihan Anggota Paskibra yang hanya Berjumlah 8 Orang

Nasional

Paskibraka tak menyangka bisa dua kali bertugas gara-gara corona.

09 Aug 2020 12:12 WIB

Covid Sudah Membunuh Lebih 100.000 Warga Brazil

Internasional

Akibat Presiden Jair Bolsonaro meremehkan pandemi ini.

09 Aug 2020 12:03 WIB

Manajer Juventus Dipecat, Ronaldo Gak akan Pindah ke Klub Lain

Liga Italy

Meskipun Juve tersingkir dari Liga Champions

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...