Nasdem akan Kongres, Surya Paloh Tetap Ketua Umum

29 Oct 2019 06:40 Politik

Surya Paloh akan jadi Ketua Umum Partai Nasdem lagi. DPW Partai Nasdem (Nasional Demokrat) DKI Jakarta sudah merekomendasikan Surya Paloh sebagai Ketua Umum lagi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai dalam Kongres II Partai Nasdem pada tanggal 8 hingga 10 November 2019.

Sekretaris DPW Partai Nasdem DKI Jakarta, Wibi Andrino di Jakarta, Minggu, mengatakan rekomendasi tersebut tertuang dalam hasil Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Partai Nasdem DKI Jakarta yang dihadiri fungsionaris Partai Nasdem se-DKI Jakarta di Jakarta Pusat, Sabtu 26 Oktober lalu.

"Kami sepakat saat Kongres II Nasdem nanti, meminta kepada Bapak Surya Paloh untuk menjadi ketua umum kembali," ujar Wibi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin.

Menurut Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta, keputusan tersebut dikarenakan pihaknya menilai kepemimpinan Surya Paloh dengan pemikirannya selama ini telah menjadi model baru dan juga membuat partai Nasdem menjadi salah satu partai besar dalam perpolitikan di Indonesia.

Salah satunya, ujar Wibi adalah politik tanpa mahar yang selama ini belum pernah terdengar sekalipun dalam belantika perpolitikan di Indonesia.

"Saya rasa baru pertama kali ada pemikiran-pemikiran seperti itu disampaikan sehingga menjadi role model baru dalam perpolitikan di Indonesia," tambah Wibi.

Lebih lanjut, Wibi mengungkapkan sebagai Ketua Umum, Surya Paloh, selalu mengajarkan kepada semua kadernya untuk mendukung tanpa syarat jika ada putra terbaik bangsa maju sebagai kepala pemerintahan yang dibuktikannya saat mengusung Joko Widodo untuk maju sebagai presiden pada Pilpres 2014.

Saat itu, lanjut Wibi Nasdem tegas mendukung Jokowi tanpa syarat yang kembali dilakukan pada periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi saat ini.

"Begitu juga saat Pilkada DKI 2017, Nasdem menjadi partai pertama yang mendukung Basuki Thahaja Purnama untuk maju sebagai Gubernur DKI Jakarta. Saat dukungan tersebut, Nasdem tidak meminta satu rupiah pun kepada beliau," jelasnya.

Lebih lanjut, Wibi mengatakan kedepannya tugas-tugas kader Partai Nasdem akan semakin dinamis dan berat yaitu dengan mempertahankan pemikiran-pemikiran Surya Paloh sehingga menjadi gaya berpolitik kader Nasdem hingga tingkat bawah.

"Politik tidak hanya bertransaksi, kita beri apa dapatnya apa. Ini terbukti dari militansi kader-kader Nasdem di DKI Jakarta," ucapnya. (an/ar)

Penulis : M. Anis


Bagikan artikel ini