Diego Armando Maradona saat masih bermain untuk Napoli. (Foto: Twitter/@sscnapoli)
Diego Armando Maradona saat masih bermain untuk Napoli. (Foto: Twitter/@sscnapoli)

Napoli Pertimbangkan Tambah Nama Maradona di Stadion Mereka

Ngopibareng.id Dunia 26 November 2020 12:59 WIB

Presiden Napoli Aurelio de Laurentiis sedang mempertimbangkan untuk menambah nama stadionnya demi menghormati Diego Armando Maradona, legenda asal Argentina yang memberi kejayaan pada Napoli di musim 1986/1987 dan 1989/1990 itu.

Rencana penambahan nama ini dilakukan setelah sang legenda meninggal dunia pada Rabu 25 November malam WIB. Maradona meninggal karena serangan jantung, hanya dua minggu setelah operasi pendarahan otaknya berjalan dengan baik.

Hingga kini, Maradona dianggap sebagai pahlawan bagi masyarakat Naples, Italia karena keberhasilannya mengantarkan Napoli meraih dua gelar kompetisi kasta teratas di Italia itu. Masa-masa itu merupakan periode terbaik sepanjang sejarah klub.

Selain dua gelar liga domestik, Maradona juga berhasil memberikan satu gelar Piala UEFA, atau kompetisi kasta kedua di Benua Biru.

Wajar, meski ia telah meninggalkan klub itu sejak 1991, statusnya di Napoli seperti dewa. Maradona terus dielu-elukan oleh masyarakat Napoli. Maka, ketika mereka mendengar kabar kematian pria berusia 60 tahun itu, luapan emosi dari para penggemarnya di Naples pun tak tertahankan.

Alhasil, Presiden Aurelio de Laurentiis mengonfirmasi bahwa klub akan membahas kemungkinan menambah nama Stadion San Paolo untuk menghormatinya, menggabungkan nama yang ada dengan nama legenda Argentina tersebut.

"Kami dapat mempertimbangkan gagasan untuk menyebut stadion kami San Paolo-Diego Armando Maradona," kata De Laurentiis kepada saluran olahraga Prancis RMC Sport seperti dikutip dari Dailymail.

Langkah tersebut didukung oleh Walikota Napoli, Luigi de Magistris, yang menuliskan di Twitter: “Kami akan menamai Stadio San Paolo untuk menghormati Diego Armando Maradona! "Kata pejabat itu di akun Twitter resminya pada hari Rabu waktu setempat.

'Diego Armando Maradona sudah meninggal, pesepakbola paling hebat sepanjang masa. Diego membuat orang-orang kami bermimpi, dia menebus kepercayaan Napoli dengan kejeniusannya. Pada 2017 ia menjadi warga negara kehormatan. Diego, Neapolitan dan Argentina, Anda memberi kami kegembiraan dan kebahagiaan. Napoli mencintaimu,” tambah sang walikota.

Ratusan penggemar Napoli berkumpul di jalan-jalan kota, dekat mural Maradona yang dilukis di sisi sebuah bangunan, dengan lebih banyak lilin menyala saat mereka memberikan penghormatan kepada pemain terhebat klub mereka.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 16:00 WIB

Era Digital, DPRD Minta Reklame Surabaya By System

Surabaya

Jadi masyarakat bisa mengetahui semua tentang tata kelola reklame.

22 Jan 2021 15:45 WIB

Lewat Digitalisasi SPBU, Pertamina Tingkatkan Layanan

Teknologi dan Inovasi

Dengan digitalisasi SPBU ini, tidak ada lagi alasan stok BBM di SPBU Kosong

22 Jan 2021 15:30 WIB

PPKM Diperpanjang, Okupansi Bed Isolasi di Malang Masih Tinggi

Jawa Timur

Okupansi bed isolasi di atas 60 persen.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...