Barcelona dibuat kewalahan oleh Napoli. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)
Liga Champions 2019-2020

Napoli Bikin Barcelona Nyaris Tumbang

Liga Champions 26 February 2020 05:41 WIB

Barcelona benar-benar dibuat kewalahan menghadapi Napoli dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019/2020, Rabu 26 Februari 2020. Bermain di Stadion San Paolo, Naples, Lionel Messi dkk nyaris tumbang.

Meski berstatus sebagai tim tamu, Barcelona memiliki penguasaan bola lebih baik dibanding tuan rumah. Mengandalkan kekuatan para pemainnya dalam memegang bola, Barcelona langsung menggempur pertahanan Napoli.

Namun pasukan Catalan hanya sebatas menguasai bola lebih banyak, karena faktanya, Blaugrana dibuat kesulitan menembus barikade pertahanan lawan. Bahkan mesin serangan Barcelona paling berbahaya, Messi, pun dibuat tak berkutik.

Sementara Napoli yang menerapkan taktik serangan balik justru kerap memberi ancaman bagi gawang Marc Ander Ter-Stegen. Petaka pun mereka hadirkan bagi Barcelona di menit ke-30.

Diawali dari serangan balik cepat yang mereka bangun sejak dari tengah lapangan, Pietr Zielinski yang berada di sisi kiri pertahanan Barcelona mengirim umpan silang terukur pada Dries Mertens. Hanya dengan sekali kontrol, sang striker melepaskan tembakan keras yang gagal diantisipasi oleh Ter-Stegen. Skor 1-0 untuk Napoli.

Dalam kondisi tertinggal, Barcelona mencoba bangkit untuk menyamakan kedudukan. Tapi seperti sebelumnya, skema serangan yang mereka bangun selalu kandas di kaki para pemain Napoli. Akibatnya, hingga babak pertama usai, keunggulan masih untuk Napoli.

Di babak kedua, Barcelona bermain lebih agresif. Hasilnya, saat babak kedua berjalan 12 menit, antoine Griezmann menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Menerima umpan silang mendatar dari Nelson Semedo, tanpa kontrol penyerang Prancis itu melakukan tembakan yang gagal dibendung oleh Ospina.

Berhasil menyamakan skor, para penggawa Barcelona kian termotivasi untuk mendapatkan gol tambahan. Mereka pun semakin gencar menyerang. Hal ini menyisakan celah di sektor belakang Barcelona yang mampu dieksploitasi oleh para pemain I Partenopei.

Beruntung, Ter Stegen tampil gemilang. Tercatat, tiga kali penjaga gawang asal Jerman itu berhasil mementahkan peluang emas Napoli. Dua di antaranya tembakan jarak dekat Lorenzo Insigne dan Pietr Zielinski.

Di saat pertandingan semakin memanas, Barcelona harus kehilangan Arturo Vidal di menit ke-89. Pemain Chili itu diusir keluar lapangan oleh wasit setelah melakukan tekel keras pada bek sayap kiri Napoli, Mario Rui.

Untungnya, pertandingan hanya tersisa enam menit saja. Sehingga Barcelona selamat dari kekalahan setelah wasit Felix Brych asal Jerman meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Sep 2020 07:44 WIB

"Kata-katamu Tak Hilang, Jangan Sakiti Siapa pun"

Khazanah

KH Husein Muhammad: Kata-katamu akan kembali kepadamu suatu saat

21 Sep 2020 07:02 WIB

Perang Intel

Dahlan Iskan

Bagaimana Amerika mengawasi Tiongkok sampai ke bawah laut?

21 Sep 2020 06:58 WIB

Kurang Alim Bila Kiai Tak Bisa Guyon, Kata Gus Baha'

Humor Sufi

Sampaikan pesan Islam penuh bahagia dan rileks

Terbaru

Lihat semua
21 Sep 2020 07:02 WIB

Perang Intel

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...