Nama Pahlawan Nasional Bung Tomo Dilecehkan Jadi Bung Homo, Arek-arek Suroboyo: TANGKAP!

21 Jun 2018 18:01

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Nama pahlawan nasional asal Surabaya, Bung Tomo diplesetkan menjadi Bung Homo oleh akun Facebook yang memakai nama Adit Pratama Wirayuda Jr. Akibatnya, warganet yang merasa tersinggung dengan postingan Adit Pratama Wirayuda Jr itu, beramai-ramai akan melaporkan akun tersebut ke Polda Jawa Timur.

Putra sulung Bung Tomo, Bambang Sulistomo mengatakan jika dirinya sudah mengetahui ada akun Facebook yang menghina nama ayahnya tersebut. Dia pun mengaku, belum akan bereaksi dengan penghinaan terhadap nama ayahnya tersebut.

“Kita lihat saja dulu. Apakah polisi akan bereaksi dengan kekuatan Arek-arek Suroboyo yang akan melaporkan akun tersebut. Jika mereka diam saja, maka keluarga akan ikut turun tangan,” kata dia.

Bambang menambahkan, jika dia sangat menghormati sikap Arek arek Suroboyo yang bereaksi keras atas penghinaan ini. Karena menurut dia, masalah ini, sudah menyangkut kehormatan bangsa dan negara serta para pejuang perang kemerdekaan.

“Para penghina pejuang kemerdekaan adalah antek bayaran. Mereka para pengkhianat perjuangan Arek-arek Suroboyo,” ujar dia.

Bambang juga menilai, penghinaan ini adalah bagian dari konspirasi untuk melupakan perjuangan para pejuang dalam merebut kemerdekaan. Konspirasi ini, kata dia, salah satunya bisa dilihat dari pembongkaran bangunan cagar budaya markas pertempuran Arek-arek Suroboyo di Jalan Mawar No. 10, Surabaya yang terjadi beberapa tahun lalu.

“Tujuannya agar bangsa ini melupakan pengorbanan para pejuang dalam perang kemerdekaan.  Ini sudah jadi semacam rekayasa untuk melemahkan semangat patriotisme dan nasionalisme generasi muda. Pembuat gambar di Facebook tersebut, harus diberikan tindakan yang keras,” tegas dia.

Nama Pahlawan Nasional Dilecehkan (InfoGrafik: Zanuar/ngopibareng.id)
Tangkapan layar foto profil diduga pelaku yang melecehkan nama Pahlawan Bung Tomo