Najwa Shihab saat menutup Konser Musk @Dirumah saja tadi malam. Foto @najwashihab.

Najwa Shihab Ambyar Sukses Kumpulkan Rp 9 Miliar Lawan Corona

Feature 29 March 2020 05:24 WIB

Saya selalu kagum dengan segala ide kreatif. Apalagi dilakukan oleh figur publik yang bukan pejabat publik. Apalagi dilakukan untuk membangun solidaritas sosial.

Kali ini saya kagum dengan Najwa Shihab. Perempuan cantik yang menjadi aalah satu anchor TV kenamaan di Indonesia. Putri ulama besar Prof Dr KH Quraish Shihab.

Bersama Narasi TV yang dibangunnya, ia menggalang puluhan musisi di Indonesia. Untuk apa? Konser Musik @Dirumahsaja, Solidaritas Lawan Corona.

Konser yang disiarkan melalui streaming ini unik. Setiap musisi tampil melalui rumahnya masing-masing. Dimoderatori sendiri Najwa Shihab yang akrab dipanggil Nana. Juga dari rumahnya sendiri.

Ia dengan Narasi TV-nya bekerjasama dengan Kitabisa.com. Untuk penggalangan donasi. Melalui rekeningnya. Yang ditayangkan secara realtime. Termasuk nama-nama penyumbangnya.

"Konser Musik @Dirumahsaja ini sejak 4 hari lalu. Semua musisi, termasuk tim Narasi tak ada yang dibayar. Mereka membiayai dirinya masing-masing," katanya saat menutup acara tepat jam 23.00 WIB, Sabtu, 28 Maret 2020.

Konser itu ditutup oleh penampilan Didi Kempot. Dari studionya di Solo. Bersama 4 musisi yang mengiringinya. Pada saat Didi tampil, 25 ribu orang menonton live streaming.

"Ini luar biasa. Sobat Ambyar, fans Mas Didi kayaknya nonton semua. Juga ikut menjadi donatur. Sehingga tembus Rp 9 Miliar lebih," kata Nana dengan penuh haru.

Sebelum ditutup oleh Didi Kempot, tampil dalam Konser Musik @Dirumah saja Iwan Fals, Ari Laso, Raisa, Bara Suara, Tulus, Rossa, Ariel Noah, Kuntoaji, Afgan, Trio Lestari, dan masih banyak lagi musisi.

Iwan Fals bersama anaknya di Konser Musik DirumahsajaIwan Fals bersama anaknya di Konser Musik @Dirumahsaja.

Diantara konser itu, Nana memberi selingan dialog dengan Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum PMI, Mendikbud Nadiem Makarim, dan Menteri BUMN Eric Tohir. Iwan Fals tampil mengajak putra sulungnya Raya Rambu Rabbani.

Kegiatan Konser Musik @Dirumahsaja ini sudah berlangsung sejak 25 Maret lalu. Meski puncak konsernya tadi malam, namun penggalangan dana untuk Solidaritas Lawan Corona akan berlangsung sampai 14 April 2020 mendatang.

Menurut Nana, semua donasi yang berhasil dikumpulkan akan digunakan untuk 5 program. Antara lain akan disalurkan melalui PMI untuk penyediaan APD bagi para dokter dan tenaga medis, Rantang Hati bersama Gusdurian, penyediaan peraga untuk anak sekolah yang tidak punya akses internet.

Pada puncak Konser Musik @Dirumahsaja, Didi Kempot menyanyikan sejumlah lagu populernya. Mestinya, acara ditutup setelah ia menyanyikan lagu Banyu Langit. Saat ini menyanyikan lagu yang bisa mengharu biru sobat ambyar ini, donasinya masih mencapai 8,985 Miliar.

Didi Kempot dari Solo Najwa Shihab di Jakarta di Puncak KonserDidi Kempot dari Solo, Najwa Shihab di Jakarta di Puncak Konser.

Nana pun langsung video conference dengan Didi Kempot. Setelah mengucapkan terima kasih atas partisipasi Pakde Didi --demikian ia memanggilnya, Nana lantas membacakan permintaan lagu dari para fans sobat ambyar. Mereka minta Didi menyanyikan Kalung Emas.

Penyanyi asal Solo itu pun menyanggupi. Nana pun siap berjoget sambil menunggu detik-detik donasi tembus di angka genap 9 Miliar. Di tengah Didi Kempot menyanyikan Kalung Emas, donasi yang bisa dipantau dari tayangan live streaming tembus Rp 9 M. Itu terjadi tepat pukul 20.55 WIB.

Nana tampak berjingkrak. Sambil senyum yang terus mengembang. Ia juga ikut goyang mengikuti lagu yang dinyanyikan Didi Kempot. Ketika Konser Musik @Dirumahsaja ditutup pukul 11.00, donasi mencapai Rp 9,055 Miliar.

Pra donatur yang berhasil digalang Narasi TV dan Kitabisa.com ini sangat beragam. Mulai dari jumlah Rp 10 ribu sampai dengan jutaan. ''Kami tidak menerima sponsor sedikitkan untuk pelaksanaan ini. Masing-masing membiayai sendiri. Saya sangat berterima kasih,'' kata Nana.

Ide cemerlang Najwa Shihab yang ambyar ternyata bisa menggugah solidaritas bangsa Indonesia. Untuk gotong royong melawan virus Corona. Seorang Nana bersama para musisi Indonesia bisa menggerakkan warga.

Ini lebih layak dikagumi. Gerakannya menggalang kepedulian rakyat. Bukan menggunakan dana rakyat. Gerakan seperti ini patut lebih diapresiasi ketimbang pejabat publik yang memang sudah menjadi kewajibannya untuk menangani wabah virus Corona.

Nana yang cantik ini memang ambyar tenan. (Arif Afandi)

 

Penulis : Arif Afandi

Editor : Azhari

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 11:06 WIB

Perkenalkan Sejarah Muhammadiyah, Begini Alasan Siti Noorjannah

Khazanah

Jalan menjadi generasi terbaik dengan berakhlak mulia

29 Sep 2020 10:54 WIB

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka? Ini Penjelasannya

Nasional

Apakah pemerintah akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11? 

29 Sep 2020 10:37 WIB

Mengenal Anosmia Gejala Baru Covid-19

Kesehatan

Anosmia gejala kehilangan indra penciuman bagi pasien Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...