Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi da Sekretaris DPD PDIP Jatom Sri Untari, saat tiba di KPU Jatim, Selasa, 17 Juli 2018, sore. (fotob farid/ngopibareng.id)
Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi da Sekretaris DPD PDIP Jatom Sri Untari, saat tiba di KPU Jatim, Selasa, 17 Juli 2018, sore. (fotob farid/ngopibareng.id)

Naik Becak ke KPU, Ini Target PDIP Jatim di Pileg 2019

Ngopibareng.id Jawa Timur 17 July 2018 19:19 WIB

PDI Perjuangan menjadi partai ke-enam yang mendaftarkan kadernya sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) pada Pemilihan Legislatif. Kader partai berlogo banteng moncong putih ini tiba di lokasi pendaftaran dengan menaiki becak dan iringan musik patrol.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jatim, Kusnadi mengatakan, pihaknya telah memenuhi seluruh persyaratan pencalonan. Begitu pula soal persyaratan kuota minimal bacaleg perempuan sebesar 30 persen.

"Semua persyaratan kita penuhi, soal kuota perempuan kita melebihi batas minimal dari beberapa daerah seperti misalnya dapil 1 Surabaya kuota perempuannya 37 persen. Daerah-daerah lain juga sama," kata Kusnadi usai menyerahkan berkas pencalonan dirinya, di Kantor KPU Jatim, di Jalan Raya Tenggilis, Surabaya, Selasa, 17 Juli 2018.

Menurut Kusnadi, dalam memberikan porsi kuota perempuan, PDIP justru melebihi dari persyaratan KPU yakni minimal 30 persen. Bahkan, pihaknya memberikan besaran hampir 40 persen bagi para bacaleg perempuan.

Soal target, partai nomor urut 3 ini mematok angka yang cukup signifikan, yakni sekitar 20 persen. Tapi, kata Kusnadi, perolehan itu masih angka minimal. 

"Karena sekarang ini berdasarkan perundang-undangan, kursi DPRD Jatim menjadi 120, ya kita minimal dapat 24. Kita akan berusaha untuk itu sampai di atas angka 20 persen itu," ujar dia.

Target itu bukanlah tanpa alasan, sebab menurut Kusnadi, pada pemilu legislatif sebelumnya PDIP telah mendapatkan sekitar 19 persen. Karena itu, kata Kusnadi, pada pileg kali ini PDIP menginginkan peningkatan sekitar dua persen.

"Kita berharap juga ada peningkatan dua sampai tiga persen, maka kita akan mencapai 22 persen," pungkas Kusnadi. (frd)

Penulis : Farid Rahman

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

18 Sep 2020 21:06 WIB

PDIP Jatim Targetkan Menangkan Pilkada di 13 Daerah di Jatim

Pilkada

Angka tersebut adalah angka minimal yang dipasang oleh DPD PDIP Jatim.

30 Aug 2020 16:17 WIB

Ini Misi Khusus Hasto Kristiyanto Turun ke Jatim

Pilkada

Surabaya, termasuk salah satu daerah pemenangan.

30 Aug 2020 14:38 WIB

Hasto Tiba di DPD PDI Perjuangan Jatim, Ada Whisnu Sakti

Pilkada

Hasto disambut pimpinan DPD Jatim, ada juga Whisnu Sakti Buana.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...