Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani, berakting di film Naga Bonar Reborn. (Foto: Instagram @puanmaharaniri)

Naga Bonar Reborn Digugat Deddy Mizwar, Puan Maharani Jadi Cameo

Film 22 November 2019 19:01 WIB

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani untuk pertama kalinya muncur di layar lebar. Politikus PDIP ini terlibat dalam produksi film Naga Bonar Reborn. Naga Bonar diceritakan sebagai seorang pemuda kampung yang sukses menjadi jenderal perang pada masa penjajahan Belanda di Sumatera Utara.

Dalam film yang dibintangi Gading Marten sebagai Naga Bonar, Puan Maharani berperan sebagai relawan utusan Soekarno yang mengabarkan kemerdekaan Republik Indonesia ke pelosok daerah.

Gusti Randa selaku produser menceritakan awal mula keterlibatan putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu.

"Hubungan kami cukup dekat. Pas mau bikin film, saya tawarin ke Mbak Puan. 'Mbak, kita mau bikin film. Mbak main ya'. 'Emang gue bisa? Adegan apa?'. Saya bilang perannya utusan Soekarno. Dia bilang mau," kata Gusti Randa.

Kala itu, Puan Maharani memiliki agenda cukup padat. Sebab, ia masih menjabat sebagai Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Namun karena ia sangat antusias berperan dalam film, sang politikus tentu berusahameluangkan waktunya.

"Pas Mbak Puan bilang, 'Mas Gusti saya bisa tanggal segini, ya sudah langsung konsentrasi ke Mbak Puan dulu. Mbak Puan syuting dua hari," jelas Gusti Randa.

Puan Maharani datang ke lokasi syuting menggunakan helikopter. Dia syuting di daerah Bah Jambi, daerah Simalungin. Lokasi ini menempuh perjalanan 200 kilometer dari Medan.

"Beliau naik helikopter. Kalau perjanalan darat jauh, makan waktu sekitar empat sampai lima jam," tutur Gusti Randa.

Meski 'artis' pendatang baru, Puan Maharani patut diacungi jempol. Ada sekitar 10 lembar skenario yang harus dihafalkan oleh cucu Proklamator itu.

"Hafalannya oke. Selama perjalanan pesawat Jakarta-Kualanamu beliau reading. Di helikopter reading dan latihan sendiri. Saya kagum sama beliau," puji Gusti Randa.

Film Naga Bonar Reborn merupakan  daur ulang film Naga Bonar (1987) yang legendaris dan sempat populer di era 1980-an.

Awalnya, film ini dibintangi Deddy Mizwar sebagai Naga Bonar. Kini, Gading Marten yang memerankan tokoh ikonik itu. Alhasil, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat itu mengajukan gugatan kepada rumah produksi Gempita Tjipta Perkasa milik Gusti Randa, terkait polemik tokoh Naga Bonar.

Namun, Gusti Randa buka suara mengenai polemik ini. "Pihak kami telah mendapatkan izin dari ahli waris Asrul Sani, pemilik hak cipta Naga Bonar.

Pertama, surat penyataan dari ahli waris, Mutiara Sani dan anaknya, kedua punya bukti dari Dirjen HAKI. Asrul Sani teregister sebagai pemilik Naga Bonar, dan menjadi milik ahli warisnya sekarang," jelas Gusti Randa.

Film Naga Bonar Reborn kolaborasi sutradara Dedi Setiadi dengan produser Gusti Randa dan Trimedya Panjaitan, tayang di bioskop pada 21 November 2019.

Ini merupakan film kembalinya Gading Marten sebagai pemeran utama setelah meraih Piala Citra 2018 lewat film Love for Sale.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Mar 2020 12:50 WIB

Survei Y-Publica: Prabowo-Anies unggul dibanding Prabowo-Puan

Politik

PDIP masih tinggi namun elektabilitas kadernya jauh di bawah Prabowo-Anies.

15 Feb 2020 16:33 WIB

Kandidat Bakal Calon Kepala Daerah dari PDIP Diumumkan Bertahap

Pilkada

PDIP segera umumkan 270 kandidat Pilkada secara bertahap.

27 Dec 2019 05:51 WIB

Rekor Setya Novanto Keluar-Masuk Rumah Sakit 36 Kali

Hukum

Setya Novanto dikabarkan hilang dari penjara.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.