Ilustrasi. (Foto: Google)

Musim Hujan, Waspadai Infeksi Mata

RS Mata Undaan 01 January 2020 10:58 WIB
RS Mata Undaan

Penyakit mata masuk daftar salah satu penyakit yang harus diwaspadai di musim penghujan. Dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya, dr. Lydia Nuradianti, SpM mengatakan, saat musim hujan seperti saat ini, penyakit mata yang sering terjadi ialah mata merah dan infeksi mata (Conjungtivitis).

"Beberapa kali pasien sering datang dengan keluhan mata merah atau Conjungtivitis, yaitu infeksi membran luar bola mata dan kelopak mata bagian dalam," paparnya.

Kondisi mata tak sekedar berubah warna menjadi merah, tapi diiringi keluhan seperti mata mengeluarkan kotoran berwarna putih, kuning, atau kehijauan.

"Ini harus waspada, sebaiknya memang diperiksakan karena mata merah bisa merupakan gejala dari penyakit lain," ujarnya.

Menurut Lydia, penyakit mata di musim hujan banyak terjadi lantaran masyarakat luoa tidak menjaga kebersihan mata dari air hujan.

Saat musim hujan seperti ini, lanjut dia, seharusnya masyarakat memang harus lebih menjaga kebersihan matanya secara ekstra.

"Terutama bagi penguna lensa kontak (soft lens), lindungi mata dari air hujan. Karena air hujan tidak steril punya resiko terkena virus dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit lain," imbaunya.

Bila kondisi mata tak sengaja terkena air hujan jangan langsung mengucek mata dengan tanga. Sebab, air hujan yang kotor ditambah tangan yang juga tidak bisa dijamin bersih bisa membuat bakteri atau jamur semakin berkembang.

Selain itu, kata Lydia, mengucek mata juga bisa melukai mata. "Kalau ingin membersihkan mata yang terkena air hujan bisa dibersihkan dengan air bersih saja," tutupnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Sep 2020 06:58 WIB

Kurang Alim Bila Kiai Tak Bisa Guyon, Kata Gus Baha'

Humor Sufi

Sampaikan pesan Islam penuh bahagia dan rileks

21 Sep 2020 06:24 WIB

6 Rekomendasi Konbes, Ansor: Susun Ulang Prioritas Anggaran

Nasional

Ditutup Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas

21 Sep 2020 06:16 WIB

Gara-gara Menolak Ditilang Siswi Ini, Diperkosa Polantas

Nasional

Menakut-nakuti siswi dengan sejumlah banyak pelanggaran.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...