Musim Hujan, DLH Kota Malang Deteksi Perhari ada 6 Pohon Mati

08 Jan 2020 16:07 Jawa Timur

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, mengantisipasi adanya pohon tumbang saat musim penghujan di Kota Malang. Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) DLH Kota Malang, Kuncahyani mengatakan ia sudah membentuk tim surveyor untuk mendata pohon-pohon yang mati dan keropos.

"Dari laporan tim kami perhari itu ada laporan sekitar 6 pohon yang mati dan keropos. Itu nanti akan kami tindaklanjuti untuk ditebang," tuturnya pada Rabu 8 Januari 2020.

Kuncahyani mengatakan bahwa pihaknya memang melakukan pemantauan intens tiap harinya terkait musim hujan yang disertai angin.

"Setiap hari tim kami memang melakukan pemantauan. Namun karena ini musim hujan kami melakukan pemantauan yang cukup intens untuk mengantisipasi pohon tumbang," terangnya.

Selain itu, Yani sapaan akrabnya juga membentuk tim siap-siaga, yang bertugas sewaktu-waktu jika terjadi pohon tumbang dapat langsung bergerak.

"Tim siap-siaga dan tim surveyor itu masing-masing ada tujuh personel. Tim siap-siaga ini difungsikan untuk sewaktu-waktu, di luar jam kerja untuk bisa mengevakuasi adanya kejadian pohon tumbang," ucapnya.

Yani menambahkan bahwa, pihaknya juga sering menerima laporan dari masyarakat mengenai kondisi pohon di Kota Malang. 

"Dari masyarakat itu kami menerima pengaduan seperti menjorok ke rumah ada juga yang menutupi tokonya. Sehari itu sekitar 3 sampai 5 laporan yang masuk ke kami. Tapi bukan untuk memangkas pohon. Bukan ditebang," terangnya.

Berkaca dari kejadian di Surabaya, pohon tumbang saat hujan deras di menjadi momok tersendiri bagi warga Surabaya. Dimulai Minggu sampai Senin awal pekan lalu, berdasarkan laporan, puluhan pohon bertumbangan di Surabaya akibat hujan deras yang disertai angin kencang.

Pohon tumbang ini tak hanya menimpa kendaraan, tapi juga sampai merenggut dua nyawa warga Surabaya pada Senin, 6 Januari lalu.  Berdasarkan dengan hasil rekap yang dilakukan oleh Dinas Pemadan dan Kebakaran Kota Surabaya, tercatat ada 67 pohon tumbang.

“Jadi, berdasar data dari tim 112 hari ini ada 67 pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang mulai pukul 15.30 WIB-19.59 WIB,” ungkap Kepala Bidang Operasional Dinas PMK Kota Surabaya, Bambang Viestadi beberapa waktu lalu.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini