Musim Depan Persebaya Cuci Gudang

05 Dec 2018 12:32 Liga Indonesia

Persebaya Surabaya tampaknya akan merombak skuatnya untuk kompetisi Liga 1 musim depan. Hal ini tampak dari beberapa pemain Bajul Ijo yang belum disodori kontrak baru.

Memang, durasi pemain Bajul Ijo rata-rata kontraknya akan selesai pada akhir Desember. Dan, hanya beberapa pemain saja yang mendapatkan tawaran kontrak baru, serta ada yang sedang dalam proses.  

Manajer Persebaya, Candra Wahyudi menegaskan timnya akan melakukan perombakan besar. Dia menyebut, hanya sekitar 60 persen pemain yang dipertahankan.

Jika benar, tentu pemain yang tersisa tak sampai 20 pemain. Sebab, jumlah pemain Persebaya saat ini memiliki 28 pemain.

"Kita sudah komunikasi dengan pelatih (Djajang Nurdjaman). Dari skema tim musim depan, akan ada 60 persen pemain yang dipertahankan," kata Candra.

Dari 40 persen pemain yang tidak dipertahankan itu rata-rata yang kurang memberikan kontribusi pada tim. Ukurannya dilihat dari menit bermain, perkembangan permainan (saat latihan dan bertanding). Hingga para pemain yang cedera pun belum pasti dipertahankan.

"Untuk yang masih perawatan cedera dan baru sembuh dari cedera akan kita evaluasi. Saat ini manajemen dan pelatih sedang menimang mana yang bertahan dan tidak," ujar Candra.

Namun, Candra mengingatakan, bahwa tidak sepenuhnya pemain Persebaya habis kontrak di bulan Desember ini. Ia menyebutkan, ada beberapa pemain yang di awal kompetisi diberikan kontrak selama dua musim.

"Jadi ada beberapa yang memang kontraknya lebih dari setahun, ada yang selesai tahun ini. Tapi mayoritas saya lihat di akhir Desember," kata dia.

Sebelumnya, saat Persebaya promosi ke Liga 1 ada sejumlah pemain mendapatkan kontrak dua musim. Hal itu diberikan karena melihat penampilannya yang cukup gemilang saat mengikuti kompetisi Liga 2.

"Untuk yang kontraknya sampai tahun depan itu Mizwar Saputra, M. Hidayat, Irfan Jaya, Misbakus Solikin, dan Rachmat Irianto. Memang dibikin 2 tahun karena melihat Liga 2 kemarin main bagus," ujar dia.

Senada dengan Candra, Djajang Nurdjaman juga memastikan akan membuat perombakan skuat Persebaya untuk musim 2019. Bahkan ia sudah membuatkan skema pemain, baik yang dipertahankan dan didatangkan.

"Saya sudah buat skema untuk musim depan, tinggal nanti bagaimana manajemen. Serta kami akan menambah beberapa pemain untuk menambal kekurangan kami selama ini," kata Djanur sapaan akrabnya. (hrs)

Reporter/Penulis : Haris Dwi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini