Setelah ditutup beberapa saat karena pandemi, mulaihari ini Kawah Ijen di Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso kembali dibuka untuk umum. (Foto:Antara)

Mulai Hari Ini Kawah Ijen Dibuka Kembali untuk Umum

Jawa Timur 11 July 2020 18:32 WIB

Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen kembali dibuka untuk umum. Kawah yang tekenal dengan fenomena api biru-nya mulai hari ini, Sabtu 11 Juli 2020, resmi dibuka kembali bagi wisatawan, setelah beberapa waktu sebelumnya dilakukan simulasi dan evaluasi penerapan protokol kesehatan COVID-19.

"Sesuai Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dibukanya kembali Kawah Ijen harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Ini dibuka setelah ada rekomendasi dari Bupati Banyuwangi dan Bupati Bondowoso," kata Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember R Tjahjo Widodo di Banyuwangi, Sabtu.

Dia menegaskan dibukanya kembali Kawah Ijen yang lokasinya berbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso itu tetap wajib menerapkan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19.

Bupati Banyuwangi dan Bupati Bondowoso sebelumnya juga telah menerjunkan tim untuk memantau dan melihat langsung kesiapan persyaratan protokol kesehatan, apakah telah terpenuhi atau belum oleh pengelola wisata Kawah Ijen.

Ia menjelaskan wisata favorit Kawah Ijen dibuka kembali atas dasar rekomendasi bupati dan selanjutnya BKSDA Jawa Timur pada hari ini mengundang Bupati Banyuwangi dan Bondowoso untuk membuka kembali objek wisata yang terkenal ke mancanegara itu.

"Dibukanya kembali TWA Kawah Ijen tentunya akan dilakukan evaluasi secara berkala oleh Pemkab Banyuwangi maupun Bondowoso. Jangan sampai dengan dibukanya kembali wisata ini justru menjadi tempat penyebaran COVID-19," ucapnya.

 Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Mujiono mengingatkan pengunjung wisata favorit itu memperhatikan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan jaga jarak fisik.

"Ini merupakan ikhtiar kami dengan dibukanya kembali wisata Kawah Ijen supaya perekonomian bisa berjalan dan pendapatan masyarakat meningkat, tetapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Mujiono juga mengajak Pemkab Bondowoso untuk bersama-sama secara rutin dan berkala melakukan evaluasi setelah TWA Kawah Ijen dibuka kembali.

"Saat ini Pemkab Banyuwangi juga mempersiapkan infrastruktur jalan yang beberapa waktu lalu terjadi bencana alam tanah longsor," katanya. (ant)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 12:20 WIB

Video Latihan Anggota Paskibra yang hanya Berjumlah 8 Orang

Nasional

Paskibraka tak menyangka bisa dua kali bertugas gara-gara corona.

09 Aug 2020 12:12 WIB

Covid Sudah Membunuh Lebih 100.000 Warga Brazil

Internasional

Akibat Presiden Jair Bolsonaro meremehkan pandemi ini.

09 Aug 2020 12:03 WIB

Manajer Juventus Dipecat, Ronaldo Gak akan Pindah ke Klub Lain

Liga Italy

Meskipun Juve tersingkir dari Liga Champions

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...