Ilustrasi Instagram terapkan aturan baru. (Ngobar)

Mulai Hari Ini Instagram Tetapkan Batas Usia Pengguna

Teknologi dan Inovasi 05 December 2019 10:35 WIB

Platform berbagi foto dan video milik Facebook Inc, Instagram, memperbarui sistem pendaftaran akun untuk menjamin keamanan para pengguna muda di jejaring sosial tersebut.

"Mulai hari ini, Instagram akan menanyakan tanggal lahir pengguna ketika mereka membuat akun di Instagram. Berdasarkan Ketentuan Penggunaan, pengguna harus berusia minimal 13 tahun untuk memiliki akun di sebagian besar negara," kata Instagram dalam keterangan pers, Kamis.

Instagram meminta pengguna yang akan mendaftar untuk memasukkan tanggal lahir agar tidak ada pengguna yang berada di bawah umur berada di platform tersebut.

"Dengan menanyakan informasi ini, Instagram dapat membantu mencegah orang yang belum cukup umur untuk bergabung dengan Instagram, menjaga agar para remaja menjadi lebih aman, dan secara garis besar memungkinkan Instagram menghadirkan pengalaman yang lebih sesuai dengan usia pengguna," kata Instagram.

Instagram menjamin data mengenai tanggal lahir pengguna tidak akan dapat dilihat orang lain, hanya pemilik akun yang bisa melihat informasi pribadi tersebut.

Jika akun Instagram terhubung ke akun Facebook, platform akan menambahkan tanggal lahir yang terdapat di profil Facebook. Tanggal lahir di Instagram juga akan berubah jika pengguna mengganti informasi tersebut di akun Facebook mereka.

"Informasi ini bukan informasi umum dan hanya pengguna yang dapat melihatnya ketika melihat informasi pribadi akun mereka di Instagram," demikian bunyi pengumuman Instagram untuk akun yang terhubung dengan Facebook.

Instagram juga akan menggunakan informasi usia pengguna untuk memberikan rekomendasi pengaturan privasi akun, terutama untuk pengguna berusia remaja.

Pembaruan lainnya, Instagram memberi kontrol bagi pengguna untuk mengatur siapa saja yang bisa mengirimi pesan lewat fitur Direct.

"Orang yang mengaktifkan pengaturan ini tidak akan lagi menerima pesan, permintaan pesan grup, atau balasan Stories dari orang-orang yang tidak mereka ikuti".

Pengguna bisa mengatur agar hanya orang yang mereka ikuti yang dapat mengirim pesan melalui Direct dan mengundang ke percakapan grup. (an/ar)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 00:43 WIB

Instagram Reels ala TikTok

Teknologi dan Inovasi

Instagram Reels rilis di 50 negara, kecuali Indonesia.

02 Aug 2020 09:45 WIB

Idul Adha Usai, Kekeyi Terinjak Sapi Masih Viral di Twitter

Reportase

Video lain tentang momen menyembelih sapi pun ikut viral.

27 Jul 2020 19:00 WIB

1.525 Covid-19 Baru, Kasus Akumulatif Tembus 100 Ribu

Reportase

Jawa Timur sumbang angka pasien meninggal terbanyak.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...