Irjen Heru Winarko menjadi Kepala BNN menggantikan Komjen Budi Waseso. (Foto: Biro Pers Setpres)
Irjen Heru Winarko menjadi Kepala BNN menggantikan Komjen Budi Waseso. (Foto: Biro Pers Setpres)

MUI Harapkan Sinergi dengan Kepala BNN Baru

Ngopibareng.id Pemerintahan 02 March 2018 22:47 WIB

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid Saadi berharap adanya sinergi antara MUI dengan Badan Narkotika Nasional dalam memerangi kejahatan narkoba seiring suksesi kepemimpinan di BNN.

"MUI berharap agar dapat meningkatkan sinergisitas dengan lembaga dan instansi baik pemerintah maupun swasta agar dicapai hasil yang maksimal," kata Zainut di Jakarta, Jumat, 2 Maret 2018.

Menurut dia, kerja sama lintasinstansi sangat diperlukan sebagaimana tantangan bahaya narkoba sudah pada taraf darurat sehingga dibutuhkan kemitraan semua pihak.

Sebelumnya, dilantik Irjen Heru Winarko menjadi Kepala BNN menggantikan Komjen Budi Waseso.

Dia mengatakan MUI berharap Kepala BNN yang baru dapat meneruskan dan meningkatkan program dan kegiatan pendahulunya biar ada kesinambungan dan perubahan yang lebih cepat atau progresif dalam penanggulangan bahaya narkoba.

"MUI berkomitmen untuk menyatakan perang melawan narkoba dengan segala macam bentuk dan jenisnya," katanya.

MUI, kata dia, telah membentuk sebuah gerakan nasional yaitu Gannas Annar yang merupakan kependekan dari Gerakan Nasional Anti Narkoba.

Program itu merupakan sebuah gerakan bersama masyarakat baik perorangan maupun yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan dan lembaga keagamaan untuk melawan bahaya narkoba melalui pendekatan edukasi, sosialisasi, komunikasi dan konsultasi kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya generasi muda terhadap bahaya narkoba.

"MUI berpandangan bahwa tantangan penanggulangan bahaya narkoba terasa semakin sempurna setelah dibekuknya bandar narkoba dalam bentuk pil PCC sejumlah 13 juta butir beberapa waktu silam di Semarang dan ditemukannya 81 karung yang diperkirakan berisi 1,6 ton sabu di kapal berbendera Singapura yang ditangkap di perairan Anambas, Kepulauan Riau," kata dia.

Dia mengatakan Kepala BNN yang baru memiliki tugas berat untuk mengusut tuntas para bandar dan pelakunya serta memutus mata rantai jaringan sindikasinya agar dapat menghentikan peredaran pasarnya.

Untuk hal tersebut, dia meminta aparat kepolisian dan BNN untuk terus meningkatkan operasi dan kewaspadaannya. (frd/ant)

Penulis : Farid Rahman

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Oct 2020 09:45 WIB

Terbukti Jual Sabu 52 Kilogram, Zulkifli Divonis Mati

Kriminalitas

Hakim sebut tak ada hal yang bisa meringankan terdakwa.

20 Oct 2020 06:58 WIB

5 Fakta RR, Aktor Sinetron Dari Jendela SMP Beli Sabu 5 Kali

Gosip Artis

RR positif menggunakan narkoba dan membeli sebanyak lima kali.

20 Oct 2020 06:20 WIB

Ingin Kurus, Aktor Sinetron Dari Jendela SMP Konsumsi Sabu-sabu

Kriminalitas

Aktor sinetron Dari Jendela SMP konsumsi sabu-sabu untuk kuruskan badan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...