Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhamadiyah, Abdul Mu'ti. (Foto: Dok/Ngopibareng.id)

Muhammadiyah Tidak Setuju Rumah Ibadah Kembali Dibuka

Nasional 29 May 2020 09:38 WIB

Muhammadiyah menyatakan dengan tegas tidak setuju bila rumah ibadah kembali dibuka, terkait New Normal. Situasi saat ini masih dalam keadaan darurat pandemi Covid-19.

"Kami berpendapat bahwa situasi sekarang masih dalam kondisi darurat dan kami mendasarkan itu pada analisis tim MCCC (Muhammadiyah Covid Command Center) yang secara khusus dibentuk oleh Muhammadiyah untuk menangani masalah Covid," kata Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhamadiyah, Abdul Mu'ti, Jumat 29 Mei 2020.

Dikarenakan kondisi masih darurat, Muhammadiyah meminta seluruh umat muslim agar mematuhi maklumat PP Muhammadiyah agar melaksanakan ibadah di rumah masing-masing.

"Shalat Jumat dan berjemaah kami instruksikan untuk dilaksanakan di rumah sambil kita melihat perkembangan dari berbagai analisis," tuturnya.

Abdul Mu'ti berharap pemerintah tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan hanya demi "The New Normal". Dikarenakan, keputusan yang diambil pemerintah sangat berpengaruh kepada masyarakat.

"Muhammadiyah meminta kepada pemerintah untuk dengan seksama mengkaji kebijakan ini (pembukaan rumah ibadah, red) dan tidak usah buru-buru ketika memang keadaan belum sepenuhnya aman dari Covid-19," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyampaikan pihaknya akan menerbitkan surat edaran (SE) terkait pembukaan kembali fungsi rumah ibadah jelang penerapan kebijakan new normal atau era hidup normal baru di tengah pandemi virus corona (Covid-19) usai shalat Jumat, hari ini.

"Rencana kami akan menerbitkannya (surat edaran, red) Jumat sore," katanya, seperti disiarkan RRI, Jumat pagi.

Ia mengatakan, pengumuman SE itu dirilis Jumat sore agar masyarakat lebih mempersiapkan protokol kesehatan ketika salat Jumat digelar satu minggu kemudian.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Jul 2020 06:19 WIB

Ledakan di Menteng, Polisi Lakukan Pemeriksaan Mendalam

Nasional

Lebih dari petasan, tak memunculkan api

06 Jul 2020 06:09 WIB

Ledakan di Menteng, Pakar: Tak Terkait Aksi Terorisme

Nasional

Beda yang biasa dilakukan kelompok teroris JAD maupun JI

06 Jul 2020 05:43 WIB

Ilmu Harus Tetap Ditulis, Ini Penjelasan Ulama Pesantren

Khazanah

Khazanah intelektual Islam menunjukkan kemajuan pemikiran

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...