Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Muhammadiyah Sidoarjo Tak Gelar Shalat Idul Fitri

Jawa Timur 23 May 2020 13:50 WIB

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sidoarjo memastikan tidak akan melaksanakan ibadah shalat idul fitri 1441 Hijriyah. Hal itu ditegaskan Ketua PDM Sidoarjo, Masyhud, ketika dikonfirmasi Sabtu 23 Mei 2020.

Ia menyampaikan, larangan itu dikeluarkan berdasarkan dari maklumat yang dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PPM) dan Suret Edaran (SE) dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur terkait adanya wabah virus corona atau Covid-19.

“Kami juga mempertimbangkan perkembangan penyebaran Covid-19 di daerah Sidoarjo yang pesat pada saat menjelang Idul Fitri 1441 Hijriyah dan keselamatan warga harus diutamakan. Sehingga kami menginstruksikan agar tidak menyelenggarakan shalat Idul Fitri secara berjamaah di tanah lapang atau masjid,” kata Masyhud.

Masyhud menjelaskan pelaksanaan shalat Ied masih bisa dilakukan secara mandiri bersama anggota keluarga di tempat tinggal masing-masing dengan tata cara yang dituntunkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid yang tertera dalam SE PPM.

Selain itu, kata Masyhud, agar warga Muhammadiyah tidak menyelenggarakan kegaitan silaturahim yang melibatkan orang banyak, kemudian halal bi halal dan sebagainya. Sebagai gantinya, silaturahim dilakukan secara online.

“Terakhir, tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih sehat dan selalu waspada dengan cara disiplin menerapkan protokol pencegahan,” pungkasnya.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 14:45 WIB

Daya Tampung SBMPTN Unair 2 Ribu Mahasiswa, Peminatnya 31 Ribu

Pendidikan

5 Fakultas Unair yang Tahun Ini Menjadi Peminatan Favorit

05 Jul 2020 14:35 WIB

Sesi Pertama UTBK di ITS, Satgas Temukan Banyak Pelanggaran

Reportase

Kebanyakan dari mereka, tidak membawa face shield dan sarung tangan.

05 Jul 2020 14:28 WIB

Kasus Covid-19 Kian Meroket di AS, WNI di California Waspada

Internasional

Gubernur Negara Bagian California berlakukan tindakan tegas

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...