Muhammadiyah Imbau Semua Pihak Berjiwa Besar Terima Hasil Pemilu

19 Apr 2019 03:26 Khazanah

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan selamat kepada rakyat Indonesia dan penyelenggara Pemilu atas terselenggaranya Pemilu Presiden-Wakil Presiden dan anggota legislatif yang lancar, aman, tertib, dan damai.

Menanggapi hasil quick qount yang telah dirilis oleh berbagai lembaga survei, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti menyampaikan bahwa quick count bukanlah lembaga yang berwenang mengumumkan dan mengesahkan hasil pemilu.

"Validitas quick count tidak mutlak walaupun memiliki akurasi yang cukup tinggi," jelas Mu'ti, dalam keterangan diterima ngopibareng.id, Kamis 18 April 2019.

Sehingga, Mu'ti mengimbau kepada semua pihak hendaknya bisa menahan diri dan menerima hasil-hasil pemilu dengan jiwa besar.

"Pemilu memang sangat penting, tetapi persatuan bangsa jauh lebih penting. Sekarang saatnya melakukan rekonsiliasi dan merajut kembali kerukunan bangsa," kata Abdul Mu'ti.

"Jika ada keberatan dan sengketa Pemilu hendaknya diselesaikan lewat mekanisme hukum dan perundang-undangan yang berlaku," tegas Mu'ti.

Mu'ti meminta agar masyarakat hendaknya tetap tenang dan melaksanakan aktivitas sebagaimana biasanya.

"Pemilu memang sangat penting, tetapi persatuan bangsa jauh lebih penting. Sekarang saatnya melakukan rekonsiliasi dan merajut kembali kerukunan bangsa," imbuh Mu'ti.

Abdul Mu'ti berharap masyarakat hendaknya tidak terprovokasi oleh berbagai berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya apalagi yang berisi hasutan untuk melakukan tindakan kekerasan. (adi)

Reporter/Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini