Interior Kereta Pariwisata yang bisa disewa siapa saja. (foto: dok. pt. kereta pariwisata)

Mudik Pakai Kereta Pariwisata Jelas Asyik, Sayang Hanya Tersisa Satu Slot Jurusan Jakarta Gambir - Surabaya Gubeng

Transportasi 05 June 2018 11:18 WIB

Kereta pariwisata, atau kereta mewah milik PT KA Pariwisata laris manis. Menjelang arus mudik lebaran tahun ini, meski sewanya tidak murah, tetapi ternyata banyak diminati.

PT KA Pariwisata, anak perusahaan PT Kereta Api Indoneisa (PT KAI)  menyatakan saat ini hanya  tersedia satu slot keberangkatan kereta dengan pola sewa atau carter  tujuan Gambir-Surabaya Gubeng dengan rangkaian kereta Bangunkarta.

"Ada slot yang barangkali masyarakat menginginkan untuk 9 Juni tujuan Surabaya, bisa turun Tegal, Semarang, Cirebon, lewat jalur utara," kata Direktur Operasi dan Administrasi PT KA Pariwisata, Sunarjo di Stasiun Gambir Jakarta, Selasa 5 Juni 2018.

Sunarjo mengatakan kereta pariwisata dengan sistem sewa ini ditujukan bagi masyarakat, khususnya keluarga besar, yang belum mendapatkan transporasi menuju kampung halaman saat musim Lebaran 2018.

Interior pantry  Kereta Pariwisata seperti di rumah sediri foto dok pt kereta pariwisataInterior pantry Kereta Pariwisata, seperti di rumah sediri. (foto: dok. pt. kereta pariwisata)



Untuk tarif pola carter, KA Pariwisata menjual tiket Gambir-Surabaya sebesar Rp32 juta untuk sekali jalan, tidak termasuk PPn 10 persen.

Pada angkutan Lebaran 2018, KA Pariwisata menyediakan kereta dengan pola sewa sebanyak 444 orang atau 21 perjalanan dengan nilai total sewa Rp573,5 juta.

Jumlah ini mengalami penurunan dari tahun lalu sebanyak 38 perjalanan karena penjualan tiket lebih diperbanyak dengan menggunakan pola perseorangan atau "Free Independent Traveler" (FIT).

Sebanyak 8.736 tiket dengan pola FIT sudah terjual habis sejak dijual H-90 Lebaran. Tiket dengan pola FIT tersebut diberangkatkan pada 5-26 Juni 2018 dengan tujuan Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, hingga Malang.

PT KA Pariwisata sudah menggunakan pola penjualan FIT sejak masa angkutan Lebaran 2017, sedangkan pola sewa atau "charter" sudah dilaksanakan sejak 9 tahun lalu.

PT KA Pariwisata juga telah menambah fasilitas untuk pengguna jasa, yakni tersedianya jaringan wiFi gratis. Sebelumnya pada angkutan Lebaran 2017, fasilitas internet gratis tersebut belum tersedia. (an/rr)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 May 2020 20:57 WIB

Masa Pembatalan Perjalanan KA di Daop 9 Jember Diperpanjang

Jawa Timur

KAI Daop 9 Perpanjang Pembatalan Operasi Kereta Api

28 May 2020 11:30 WIB

42 Warga Dampit Dirapid Test, Jalur Tikus Malang-Lumajang Dijaga

Jawa Timur

Keluarga tersebut nekat mudik lewat jalur tikus.

27 May 2020 18:27 WIB

Pasien Covid-19 Berlebaran, Warga Dampit Malang akan Dirapid Test

Jawa Timur

Pemudik positif Covid-19 berasal dari Kabupaten Lumajang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...