Bazar lukisan di Yogya Galeri Jalan Pekapalan Alun-Alun Utara Keraton Yogya yang menyediakan pasar lukisan bagi para pemudik.

Mudik ke Jogja, Belanja Lukisan Saja di Bazar Seni Lebaran

08 Jun 2018 18:57

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Menikmati Yogya tidak hanya dari pesona alam maupun kulinernya. Saat liburan lebaran ini, Anda bisa menikmati Yogya dari sisi yang berbeda. Ya, Anda bisa mudik sekaligus belanja lukisan untuk mempercantik rumah Anda.

Yogya Galeri dan Kelompok Rakhmat Guyub (KRG) menyediakan "pasar lukisan" untuk para pemudik dalam "Bazar Seni Lebaran." Acara ini digelar di Yogya Galeri, Jalan Pekapalan Alun-Alun Utara Keraton Yogya.

"Kami sediakan berbagai karya lukisan beragam aliran, berbagai ukuran, dan bervariasi harganya untuk para pengunjung. Kita menyadari kebutuhan pembeli untuk melengkapi keindahan rumah mereka," ujar Koordinator Acara Rakhmat, Kamis, 7 Juni 2018.

Beberapa seni lukis dijual kepada para pemudik.

Yogya Galeri yang luas akan dipenuhi ratusan karya. Karya-karya itu tidak dipajang seperti display pameran. Melainkan dibuat seperti kios.

"Para penjaga adalah pemilik lukisan yang dijual. Mereka bergantian piket menurut jadwal. Jadi, mereka ikut mendisplay, ikut menjaga, dan ikut mempromosikan bazar ini," tambah Rakhmat. 

Bazar Seni Lebaran 2018 ini berlangsung pada 13-14  dan 17 - 23 Juni 2018. Bazar libur saat Idul Fitri 15-16 Juni 2018.

"Pokoknya menyambut para pemudik dan wisatawan pecinta seni, kami Jogja Galery dan KRG menyiapkan ajang belanja karya seni berkualitas dengan harga terjangkau. Kami tunggu kehadiran Anda semua," tandas Rakhmat. 

Tampak beberapa lukisan dari berbagai aliran seni dipasarkan dalam bazar seni lukis yang digelar pada 13-14 dan 17 - 23 Juni 2018.

Dalam syarat peserta bazar disebutkan ketentuan dari lukisan yang dipajang. Di antaranya karya harus "kemedol" dan "cemangking" serta harga terjangkau. Atau dalam bahasa khas Jogja "rego konco".

Kegiatan yang sifatnya Gotong Royong dari para seniman ini dimaksudkan sebagai upaya bangkit dari kelesuan. Mereka memiliki motto penyemangat untuk kegiatan ini. Yakni "Monggo Barang Gumregah,  Gotong Royong Agawe Rame Rezeki Mongso Lebaran."

Jadi, ke Jogja selain menikmati aneka kuliner yang paten, serta berbagai destinasi wisata yang keren, bisa diagendakan mampir ke Bazar Seni Lebaran ini.  Pilih lukisan yang cocok. Bisa menjadi kenangan lebaran tak terlupakan. (Erwan Widiarto)