Mudik ke Ponorogo Reognya Masih Ada kan? Atau Coba yang Ini

01 Jun 2019 09:59 Mudik

Pasti Reog kalau bicara Ponorogo.  Karena memang budaya dan tradisi ini yaang paling terkenal. Digarap dan tergarap dengan baik. 

Padahal, aslinya, Ponorogo memiliki lebih dari itu. Banyak destinasi keren di sana. Khususnya destinasi bertemakan alam. Kalau tidak percaya, buktikan saja  #PesonaMudik2019 yang ditawarkan Ponorogo. Setidaknya ada 10 destinasi yang bisa dijadikan pilihan.

1. Air Terjun Coban Lawe

Di Ponorogo, air terjun Coban Lawe cukup terkenal. Lokasinya di Kecamatan Pudak. Atau, sekitar 33 km dari pusat kota menuju arah timur. Untuk mencapai tempat ini, bisa melewati Ponorogo-Pulung-Sooko-Pudak. Atau, Ponorogo-Pulung -Pudak. Tidak hanya air terjunnya saja yang keren.

Anda juga akan dihadapkan dengan pemandangan yang oke banget jika menempuh rute ini. Seperti luasnya hamparan perkebunan minyak kayu putih di Suku. Akan melewati hutan jati di perjalanan dari Pulung ke Sooko, seperti ke dalam hutan. Serta bisa menikmati hamparan sawah di sepanjang perjalanan.

2. Tanah Goyang

Destinasi yang satu ini sangat unik. Tidak di semua daerah punya Wisata Tanah Goyang. Di Ponorogo, destinasi unik ini ada Desa Pudak Wetan, Kecamatan Pudak , Kabupaten Ponorogo. Kalian akan merasakan sensasi yang luar biasa. Sensasi menginjak tanah yang bergoyang seperti tidak stabil. Bikin penasaran ya.

3. Bukit Bobrok

Bukit Bobrok ada di Desa Ngumpul, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Destinasi ini cukup nge-hits di Instagram. Apalagi di kalangan netizen Ponorogo.

Bukit Bobrok menjadi tujuan anak muda menghabiskan akhir pekan. Lokasi ini juga tersedia beberapa fasilitas yang membuat sekitar lokasi menjadi lebih ciamik.

4. Gunung Beruk

Destinasi wisata di Gunung Pinus sedang menjadi tren belakangan ini. Karena, sangat keren untuk berfoto. Ponorogo juga punya loh. Lokasinya di Gunung Beruk. Destinasi yang ada di Desa Karang Patihan, Balong, Hutan Negara, Jambon, Kabupaten Ponorogo, adalah destinasi favorit, tak hanya bagi warga lokal, tapi juga wisatawan dari kota-kota sekitar.

Untuk lebih menarik para pengunjung, disiapkan pula spot yang romantis seperti ini. Tak harus dengan pasangan kok, berpose dengan sahabat atau sendiri juga kece.

5. Bukit Cumbri

Bukit Cumbri memiliki ketinggian sekitar 638 mdpl. Lokasinya terletak di perbatasan antara Ponorogo dan Wonogiri. Bukit Cumbri sudah dikenal netizen sejak pertengahan 2015. Dengan view dari ketinggian, Bukit Cumbri adalah pilihan utama para netizen untuk berselfie.

6. Bukit Watu Semaur

Watu Semaur adalah sebuah batu besar yang menjulang. Jika ada orang berteriak maka akan menggema sehingga seperti orang menjawab. Konon hal itu juga yang membuat destinasi ini dinamakan Watu Semaur. Destinasi ini ada di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo.

Batu besar yang menjulang ini berada di pinggir jalan alternatif menuju ke daerah Panggul Kabupaten Trenggalek. Terletak diantara rindangnya hutan pinus dan di bawah batu tersebut terdapat sawah yang asri membuat orang yang lewat di bawahnya ingin beristirahat sejenak menikmati keagungan Tuhan tersebut.

Ini Gunung Beruknya Tahu beruk Beruk itu sejenis monyet untuk sebutan masyarakat tertentu FotoIstimewa
Ini Gunung Beruknya. Tahu beruk? Beruk itu sejenis monyet untuk sebutan masyarakat tertentu. (Foto:Istimewa)

7. Tumpak Pare

Dari sekian banyak wisata alam di Ponorogo, Tumpak Pare termasuk yang favorit. Lokasinya di Desa Cempoko, Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Dari pusat kota, Tumpak Pare berjarak sekitar satu setengah jam perjalanan.

Waktu terbaik ke Tumpak Pare adalah pagi atau siang. Jalur ke Tumpak Pare sebenarnya satu arah dengan arah ke Gunung Gajah, Sambit.

8. Watu Pecah Jonggol

Jika destinasi ini terkenal ramah milenial, hal itu bisa dimaklumi. Karena, destinasi ini dibentuk Mahasiswa KKN 37 Universitas Muhammadiyah Ponorogo 2016. Lokasinya di Desa Jonggol Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo.

Di Watu Pecah, kita bisa menyaksikan sunrise yang indah, rumah pohon, jembatan cinta, watu pecah, taman bukit wakwaw, camping ground, dan masih banyak lagi.

9. Mloko Sewu

Mloko Sewu menawarkan keindahan alam. Dari tempat ini, kita bisa melihat indahnya Telaga Ngebel. Jaraknya sekitar 800 meter di atas permukaan laut (MDPL). Untuk menuju ke lokasi wisata yang baru dibuka ini, pengunjung hanya perlu menempuh jarak sekitar 15 menit dari titik Telaga Ngebel.

Akses jalan untuk menuju ke lokasi sudah dibuka dan jalannya pun sudah dibeton. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir untuk menuju ke lokasi.

10. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel adalah danau alami di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Kecamatan Ngebel terletak di kaki gunung Wilis. Telaga Ngebel terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Ponorogo atau yang terkenal dengan nama Kota Reog. Keliling dari Telaga Ngebel sekitar 5 KM. Dengan suhu antara 20 - 26 derajat celcius, suhu dingin nan sejuk membuat pengunjung makin nyaman mengunjungi Telaga Ngebel. (idi)

Penulis : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini