Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo saat berangkatkan mudik gratis di Stasiun Gubeng Surabaya, Selasa 12 Juni 2018. (Foto: Haris/ngopibareng)

Mudik Gratis Baiknya untuk yang Kurang Mampu

12 Jun 2018 14:45

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

"Karena mereka yang kurang mampu juga ingin pulang kampung saat lebaran," kata Bambang Haryo, anggota Komisi V DPR RI.

Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo mengimbau kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada tahun depan supaya lebih selektif lagi dalam memberangkatkan mudik gratis. Menurutnya mudik gratis harus lebih spesifik ke masyarakat yang benar-benar kurang mampu.

Bambang mengatakan harusnya Dinas Kependudukan dan Sosial bisa turut serta ke mudik gratis. Karena dengan itu peserta mudik tahun depan bisa lebih untuk masyarakat yang kurang mampu.

"Ya kedepan untuk mudik grats bisa diutamakan yang kurang mampu, datanya nanti bisa minta ke Dinas Kependudukan dan Sosial Jatim," ujar Bambang, Selasa 12 Juni 2018.

Namun untuk tahun ini, dirinya tak mempermasalahkan soal peserta mudik. Tapi baginya di tahun depan mudik gratis harus benar-benar untuk masyarakat yang kurang mampu.

"Jadi tahun depan harus masyarakat yang kurang mampu didahulukan, jangan masyarakat yang sudah mampu ikut mudik gratis, karena mereka yang kurang mampu juga ingin pulang kampung saat lebaran," ujarnya.

Sementara itu, Bambang Haryo berharap dengan program tiap tahun mudik gratis masyarakat bisa kembali menggunakan angkutan umum yang aman nyaman dan lebih dapat mengurangi kepadatan di jalan. (hrs)