Pelatih Madura United, Rahmat Darmawan. (Foto: Fariz/ngopibareng.id)

MU Maksimalkan Piala Gubernur Jatim Sebagai Uji Coba

Liga Indonesia 09 February 2020 20:24 WIB

Madura United tak memasang target muluk-muluk dalam turnamen Piala Gubernur Jawa Timur 2020. Sebab, ajang kali ini sengaja dimanfaatkan untuk mempersiapkan tim sebelum turun di Liga 1 2020 nanti. Ia mengaku, dalam tahap awal ini dirinya ingin meloloskan tim ke babak semifinal.

Di Piala Gubernur Jatim 2020, MU berada di Grup A bersama Persebaya Surabaya, Persik Kediri, dan Bhayangkara United. Laga grup ini digelar di Stadion Gelora Bangkalan, Madura.

Menurut pelatih kepala MU, Rahmad Darmawan, ajang ini sangat baik untuk mempersiapkan tim, karena Piala Presiden yang menjadi ajang uji coba utama menghadapi kompetisi tak lagi diputar. Lawan yang mereka hadapi juga sepadan. Sehingga bisa mengukur kekuatan tim sebelum turun di kompetisi kasta teratas.

“Ini sangat bagus untuk mempersiapkan tim kita,” ujar pelatih yang akrab disapa RD ini, Minggu 9 Februari 2020.

RD mengatakan, persiapan yang dilakukan masih sangat kurang karena baru berjalan beberapa minggu. Sehingga target yang mereka pasang pun tak muluk-muluk.

Selama ini, mantan pelatih PS Tira Persikabo itu mengaku, timnya hanya fokus untuk membangun fisik pemain setelah libur panjang usai gelaran Liga 1 2019, serta diselingi dengan penyesuaian taktik permainan dalam beberapa pertandingan persahabatan dengan beberapa klub yang levelnya masih di bawah kekuatan MU.

“Setelah empat pertandingan persahabatan, kita akan langsung menghadapi tim-tim yang punya kualitas sangat baik. Ini cukup bagus untuk tim, membangun tim sebelum turun di liga,” katanya.

Karena itu, RD mengaku akan memaksimalkan semua pemain yang dimiliki untuk bisa merasakan atmosfer pertandingan, sekaligus untuk juga mengasah mental pemain.

“Saya rasa kita sudah siap dan akan memaksimalkan semua pemain untuk bisa kita mainkan. Harapan kami dengan ajang tersebut, kami semakin cepat menemukan kerangka tim,”  ujar RD.

Di ajang ini, MU akan menghadapi Bhayangkara FC di laga perdana. Meski tak mudah karena Bhayangkara mengusung motivasi tinggi usai meraih gelar juara di turnamen yang berlangsung di Kamboja, Bhayangkara FC juga mendatangkan pemain-pemain berkualitas.

“Menghadapi Bhayangkara, sama seperti yang saya lakukan terhadap tim lain. Kita tahu kalau mereka belum berada di puncak performa, namun kita melihat secara individu, rekrutmen yang mereka lakukan luar biasa. Terakhir mereka merekrut pemain muda bagus yaitu Saddil Ramdhani. Ini bagus untuk melihat seperti apa tim kita,” katanya soal calon lawannya.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

26 Sep 2020 03:30 WIB

Magawa, Tikus Afrika yang Mengendus 67 Ranjau Darat

Internasional

Magawa mendapatkan penghargaan medali emas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...