Valentino Rossi
Valentino Rossi

Motor Mogok, Valentino Rossi Malah Tertawa

Ngopibareng.id MotoGP 09 November 2020 14:49 WIB

Motor Mogok, Rossi Malah Tertawa

Alih-alih marah dan mengumpat, pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi malah tertawa ketika ia mendapati motornya mogok saat balapan MotoGP Eropa 2020. Hal itu diketahui dari pengakuan pembalap gaek ini usai balapan.

Dikutip dari situs Speedweek, Rossi terlambat hampir setengah jam untuk menghadiri konferensi pers seusai balapan MotoGP Eropa. Kabarnya, keterlambatan itu terjadi karena ia mengadakan rapat dadakan dengan timnya untuk membahas mesin motornya yang tiba-tiba mati di tengah balapan.

Meski gagal finis karena alasan teknis, Rossi tetap menampakkan senyum khasnya ketika menghadiri sesi konferensi pers tersebut.

"Saat mesin motor saya mati, saya tidak marah sama sekali. Saya hanya bisa tertawa," kata Rossi sambil tersenyum dikutip dari situs Speedweek.

"Mesin motor saya tidak rusak. Ini karena masalah kelistrikan. Pada akhirnya, saya harus menyerah," ucap Rossi.

"Saya diberi tahu oleh tim saya bahwa masalah seperti ini tidak pernah terjadi dalam 12 tahun terakhir," tutur Rossi.

MotoGP Eropa yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia, Minggu 8 November 2020 merupakan seri ke-12. Rossi yang memulai balapan dari urutan ke-18 hanya bisa menyelesaikan empat putaran.

Karena pada lap kelima, tepatnya ketika melintas di Tikungan 4, Rossi memutuskan tidak melanjutkan balapan karena mesin motornya mati alias ngadat.

MotoGP Eropa merupakan yang pertama bagi Rossi kembali mengaspal setelah pulih dari Covid-19. Sebelumnya, Valentino Rossi terpaksa absen pada MotoGP Aragon dan MotoGP Teruel karena terpapar virus dari Wuhan, China, ini.

Rossi sendiri tak mendapatkan satu pun poin dalam enam balapan terakhir, termasuk saat gagal finis pada MotoGP Eropa. Namun yang membuat Rossi kali ini kecewa adalah tidak bisa mengumpulkan banyak data terkait performa motornya akibat insiden mogok itu.

Padahal data itu dinilainya sangat penting untuk dijadikan modal pada seri selanjutnya yang juga akan digelar di Sirkuit yang sama akhir pekan ini. "Saya sangat membutuhkan balapan untuk mempersiapkan diri sebelum seri selanjutnya. Namun, ternyata saya tidak mendapat apa-apa dari sini," tutur Rossi.

Kegagalan enam kali beruntun membuat Rossi kini tercecer di urutan 15 dengan koleksi 58 poin di klasemen pembalap MotoGP 2020. Catatan itu menjadikan Rossi sebagai pembalap terburuk Yamaha hingga seri ke-12 musim ini.

Pasalnya, tiga pembalap Yamaha lainnya, yakni Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Franco Morbidelli, bertengger di lima besar.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jan 2021 10:05 WIB

Terima Kasih, Tom Dumoulin!

Gowes Bareng

Team Jumbo-Visma mengumumkan Tom Dumoulin menjadi pemimpin tim ini.

25 Jan 2021 09:30 WIB

Petirtaan Sumber Beji Sungguh Istimewa

Jejak Peradaban

Sistem saluran air di pentirtaan ini menggunakan sistem penyaringan.

25 Jan 2021 09:17 WIB

Lelucon di Masa Pandemi, Orang Eropa Lahir di Afrika

Humor Sufi

Selalu ada jalan pelepasan bagi ketegangan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...