Sirkuit Kymi Ring, Tillola, Finlandia. (Foto: Dok. Dorna Sport)

MotoGP Finlandia 2020 Resmi Ditunda Akibat Virus Corona

MotoGP 25 April 2020 17:15 WIB

MotoGP Finlandia 2020 akhirnya resmi ditunda. Keputusan tersebut diambil oleh pihak penyelenggara dan Dorna Sports. MotoGP Finlandia seharusnya digelar di Sirkuit Kymi Ring, Tillola, Finlandia, pada 12 Juli 2020.

Sayangnya, Komisi Keselamatan Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Franco Uncini, menyebut sirkuit tersebut masih belum siap menggelar balapan MotoGP. Namun, penundaan MotoGP bukan berkaitan dengan kondisi sirkuit, tetapi pandemi virus corona.

“Keputusan untuk menunda balapan dibuat oleh Dorna Sports selaku pemegang hak MotoGP. Pemerintah Finlandia sudah merekomendasikan semua ajang yang dihadiri 500 orang atau lebih, tidak boleh diadakan sebelum Agustus karena pandemi virus corona,” bunyi pernyataan resmi pihak penyelenggara, dikutip dari Motorsport, Sabtu 25 April 2020.

“Keputusan penundaan diambil penyelenggara dan Dorna Sports dibuat sesuai instruksi dari Pemerintah Finlandia. Dorna Sports sudah berjanji untuk mengumumkan masa depan MotoGP di Finlandia dalam waktu dekat,” tutup pernyataan resmi tersebut.

Penundaan MotoGP Finlandia 2020 juga berarti seri perdana kemungkinan digelar di Sirkuit Automotodrom, Brno, Republik Ceko pada 7-9 Agustus mendatang. Namun, Dorna Sports masih menggantung putusan soal seri Jerman dan Belanda. Penyelenggara kedua balapan itu sudah memutuskan menunda seri pada 21 dan 28 Juni 2020. Akan tetapi, Dorna Sports masih ingin mengadakan pembicaraan lebih lanjut. CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta memastikan, nasib MotoGP Jerman dan Belanda baru akan diputuskan pada 27 April mendatang.

Sedangkan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello yang sedianya digelar pada 31 Mei 2020, urung digelar karena Italia masih menjadi negara dengan kasus positif virus corona tertinggi di Eropa.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 23:15 WIB

Tol Manado-Bitung Diresmikan, Sulut Akan Berkembang Cepat

Nasional

Peresmian dilakukan secara virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehata.

29 Sep 2020 22:58 WIB

Viral, Musala di Tangerang Dirusak Al Quran Dicoret

Reportase

Coretan berisi kallimat ujaran kebencian.

29 Sep 2020 22:30 WIB

Disambati Petani, Calon Bupati Kediri Janjikan BPJS

Pilkada

Cabup Kediri disambati harga sayur anjlok di masa pandemi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...