Monitoring Pemilu 2019 Pemkab Pasuruan dan Forpimda

18 Apr 2019 10:00 Ngopibareng Pasuruan

Pemerintah Kabupaten Pasuruan bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) menggelar monitoring untuk memastikan jalannya Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Pasuruan berjalan lancar.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), M Noor HK, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Anang Saiful Wijaya dan beberapa pejabat lainnya memonitor beberapa TPS di wilayah Kecamatan Sukorejo, Purwosari dan Pandaan.

Sedangkan Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron dengan didampingi Sekda Agus Sutiadji, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, HM Soeharto, dan beberapa Kepala OPD melakukan monitoring di wilayah Rembang, Bangil dan Kraton.

Begitu pula Kapolres Pasuruan, AKBP Rizal Martomo, Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Arh Burhan Fajari Arfian mengecek kesiapan beberapa TPS di Gempol dan Beji.

Menurut Bupati Irsyad, tujuan digelarnya monitoring tak lain hanya untuk melihat sejauh mana pelaksanaan Pemilu 2019 di beberapa wilayah di Kabupaten Pasuruan. Berpencarnya lokasi monitoring antara dirinya, Wakil Bupati dan Forpimda adalah supaya efektif dalam berkoordinasi satu sama lain.

“Kalaupun ada laporan dari salah satu kecamatan, setidaknya ada saya, Pak Wakil Bupati dan Forpimda di wilayah-wilayah yang berbeda. Di sinilah letak pentingnya komunikasi,” kata Irsyad Yusuf, usai monitoring di TPS 06, Desa Suwayuwo, Kecamatan Sukorejo, Rabu 17 April 2019.

Irsyad Yusuf menilai, jalannya Pemilu 2019 di Kabupaten Pasuruan secara keseluruhan berjalan kondusif. Ia menilai, tidak ada gejolak yang mengarah pada ketidakpuasan tentang proses pemilu itu sendiri.

“Alhamdulillah semuanya lancar. Sempat tadi ada informasi di salah satu TPS yang surat suaranya untuk dapil (daerah pemilihan) tertukar dengan wilayah lain. Tapi syukur Alhamdulillah sudah ada solusinya dan tidak mengganggu jalannya pemilu, karena pemungutan suara tetap berjalan,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Rizal menegaskan bahwa ratusan personel telah disiagakan untuk mengamankan Pemilu 2019. Mulai dari pra, pada hari H pelaksanaan Pemilu hingga rekapitulasi penghitungan surat suara dan pasca pemilu 2019.

“Kita back up penuh bersama TNI untuk mengamankan Pemilu 2019 supaya aman, damai dan bermartabat,” pungkasnya. (emil)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini