Pemain Liverpool, Mohamed Salah.
Pemain Liverpool, Mohamed Salah.

Moncer di Liverpool, AS Roma Ungkap Alasan Jual Murah Salah

Ngopibareng.id Liga Inggris 30 March 2018 10:07 WIB

Mohamed Salah yang kini sukses bersama Liverpool dan menjadi idola baru di tim tersebut, kini mantan tim Salah AS Roma kecewa atas penjualan pemain itu dengan harga yang cukup murah.

Namun, AS Roma mengungkapkan alasan menjual Mo Salah ke Liverpool dengan harga yang murah. Direktur klub Roma, Monchi, mengatakan harga Salah terkesan relatif murah karena dilakukan sebelum transfer Neymar ke Paris Saint Germain (PSG) dengan nilai fantastis.

Striker timnas Mesir tersebut dijual Srigala Ibu Kota dengan harga € 40 juta atau setara Rp 677 miliar kurs saat ini. Monchi pun menganggap harga tersebut murah jika melihat kualitas Salah yang luar biasa saat ini.

Angka itu pun terkesan menjadi semakin murah karena rekor pembelian termahal Neymar dari Barcelona ke PSG. Bintang timnas Brasil itu dibeli Les Parisiens dengan harga € 222 juta euro (Rp 3,7 triliun).

"Untuk mengerti pembelian ini, Anda harus memahami dua hal. Pertama, proses transfer terjadi sebelum efek Neymar yang langsung mengubah pasaran pemain," ujar Monchi dikutip dari AFP.

Tak hanya itu saja, ia juga menyebut soal penjualan Salah jauh sebelu dilakukannya beberapa tranfer yang fantastis, yakni pembelian Neymar ke PSG, serta Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho.

Dembele dibeli dari Borussia Dortmund musim lalu dengan harga € 145 juta (Rp 2,4 triliun), sedangkan Coutinho dijual Liverpool dengan nilai € 160 juta (Rp 2,7 triliun) pada Januari tahun ini.

Monchi juga menyebut alasan kedua terpaksa menjual Salah dengan harga yang relatif murah ke Liverpool saat itu. Karena penjualan bintang Mesir itu jauh sebelum 30 Juni.

"Hal itu terpaksa kami lakukan karena terbentur sanksi Financial Fair Play. Mereka yang tahu soal problem bisnis ini rasanya seperti kepala Anda ditodong Pedang Damocles," ujarnya.

Ia mengatakan saat itu penjualan Salah ke Liverpool sudah dilakukan secara benar benar. Meski pemain tersebut saat ini menjalani musim luar biasa di Liverpool.

Salah sejauh ini masih menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Primer Inggris musim ini dengan koleksi 28 gol dalam dalam 30 laga yang dilakoninya. Total ia mengemas 36 gol untuk The Reds di seluruh kompetisi musim ini.

Pemain 25 tahun ini juga menjadi pahlawan baru bagi publik sepak bola Mesir. Berkat ketajamannya di depan gawang, ia mampu membawa timnya ke Piala Dunia 2018. (hrs)

Penulis : Haris Dwi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Dec 2020 20:23 WIB

Gubernur Ganjar Menerapkan PTM dengan Pengawasan Ketat

Nusantara

Pembelajaran tatap muka (PTM) diatur dengan pengawasan ketat.

04 Dec 2020 20:10 WIB

Huawei Lover, Ada yang Baru Nih di Akhir Tahun

Gadget

Huawei Mate 40 Pro segera rilis untuk pasar Indonesia.

04 Dec 2020 19:55 WIB

Sinopsis Freelancers: Kisah Kematian Seorang Perwira Polisi

Film

Bioskop Trans TV akan menayangkan film Freelancers.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...