Moeldoko Ungkap Jokowi Tambah 6 Wakil Menteri Lagi

09 Nov 2019 17:49 Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan menambah enam wakil menteri (wamen) lagi di Kabinet Indonesia Maju, periode 2019-2024.

Hal ini diungkap oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Namun, ia belum menyebut menteri apa saja yang bakal dapat jatah wamen tersebut.

"Ada enam lagi rencananya sih. Tapi saya belum bisa pastikan," ucap Moeldoko di Rapimnas HKTI di Dicovery Ancol Hotel, Jalan Lodan Timur Ancol, Jakarta Utara, Sabtu 9 November 2019.

Saat ini, sosok wamen sedang dicari. Kemungkinan penambahan enam wamen ini merupakan pengembangan. "Masih proses pencarian," imbuh Moeldoko.

Sementara itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mendukung penambahan wamen untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

"Mengingat tanggung jawab yang begitu besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, juga diperlukan posisi Wakil Menteri Pendidikan," ucap Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto.

Jokowi sebelumnya menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2019 yang mengatur tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dimana salah satunya, memuat posisi wakil menteri, yang tertuang dalam Pasal 2 ayat 1.

Perpres tersebut ditandatangani 24 Oktober 2019. Sebelumnya, Jokowi sudah memiliki 12 wamen yang dilantik pada Jumat, 25 Oktober 2019.

1. Wakil Menteri Luar Negeri: Mahendra Siregar
2. Wakil Menteri Pertahanan: Sakti Wahyu Trenggono
3. Wakil Menteri Agama: Zainut Tauhid
4. Wakil Menteri Keuangan: Suahasil Nazara
5. Wakil Menteri PUPR: John Wempi Wetipo
6. Wakil Menteri LHK: Alue Dohong
7. Wakil Menteri Perdagangan: Jerry Sambuaga
8. Wakil Menteri Desa PDTT: Budi Arie Setiadi
9. Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang: Surya Tjandra
10. Wakil Menteri BUMN: Budi Sadikin
11. Wakil Menteri BUMN: Kartika Wirjoatmojo
12. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Angela Tanoesoedibjo