Mohamed Salah mencetak gol kemenangan Liverpool. (Foto: Twitter/@LFC)

Mo Salah Jadi Pembeda, Liverpool Kandaskan Salzburg

Liga Champions 03 October 2019 05:39 WIB

Liverpool mendapatkan perlawanan spartan dari Red Bull Salzburg di matchday kedua Grup E Liga Champions, Kamis 3 Oktober 2019. Bertanding di Anfield, juara bertahan Liga Champions ini hanya menang tipis 4-3.

Empat gol The Reds masing-masing dicetak oleh Sadio Mane menit ke-9, Andrew Robertson (25’), Mohamed Salah di menit ke-36 dan 69’. Sedangkan tiga gol Salzburg dihasilkan dari Hwang Hee Chan (39’), Takumi Minamino (56’), Erling Braut Halaand (60’).

Jalannya pertandingan berjalan cukup sengit sejak menit-menit awal. Namun Liverpool tampak seperti akan menang mudah di pertandingan ini. Fakta berkata lain, Salzburg nyaris membuat Liverpool gagal meraih tiga poin.  

Liverpool sendiri berhasil membuka keunggulan lewat gol Sadio Mane di menit ke-9. Gol ini lahir berkat kerja sama satu dua antara Mane dengan Roberto Firmino, yang diakhiri sepakan jarak dekat oleh Mane.

Tempo permainan dari kedua tim pun meningkat. Salzburg mencoba memberi perlawanan. Namun, Liverpool justru berhasil membuat gol kedua. Kali ini hasil umpan silang mendatar Trent Alexandre Arnold dengan mudah dibelokkan Andrew Robertson untuk menggetarkan jalan tim tamu.

Lagi-lagi, maksud hati mengejar ketertinggalan, ada celah mengangah di pertahanan Salzburg. Kali ini, gol ketiga Liverpool terjadi setelah kiper Salzburg gagal mengamankan bola sundulan Firmino. Dengan kaki kiri, Salah menyambar bola muntah itu dan gol. Skor 3-0 untuk keunggulan The Reds.

Salzburg pun tak tinggal diam. Hanya tiga menit setelah gol Salah, Tim tamu berhasil memperkecil ketertinggalan. Adalah Hwang Hee Chan yang berhasil membobol gawang Adrian San Miguel. Dan mengubah skor menjadi 3-1 masih untuk Liverpool.

Mendapat umpan terobosan, Hwang berhasil memperdaya Virgil van Dijk, melihat ada ruang tembak, pemain Korea Selatan itu melepaskan tembakan keras yang gagal dihadang Adrian.

Di paruh kedua, Salzburg langsung menggempur pertahanan Liverpool. Upaya mereka pun membuahkan hasil ketika Minamino melepaskan tembakan first time setelah mendapat umpan silang Hwang Hee Chan dari sisi kiri. Bola yang sempat memantul ke tanah itu mengarah ke tiang jauh yang tak mampu dijangkau oleh Adrian.

Salzburg kian bersemangat setelah memperkecil defisit golnya menjadi 2-3. Berselang empat menit kemudian, giliran Erling Braut Halaand yang mencatatkan namanya di papan skor setelah mendapat sodoran matang dari Minamino. Skor pun sama kuat, 3-3.

Namun, Mo Salah menjadi pembeda di pertandingan ini. Memanfaatkan umpan sundulan Firmino di depan kotak penalti Salzburg, pemain Mesir itu melakukan tembakan lurus yang gagal diantipasi oleh kiper Salzburg, Cican Stankovic di menit ke-69.

Kembali tertinggal, Salzburg berusaha mencari gol penyama kedudukan. Begitu pula dengan Liverpool yang beberapa kali memberi ancaman. Namun hingga peluit panjang dibunyikan wasit Andreas Erkberg dari Swedia, skor 4-3 untuk Liverpool tak berubah.

Kemenangan ini menempatkan The Reds di posisi kedua klasemen sementara dengan 3 poin. Selisih satu poin dari Napoli yang memuncaki klasemen usai bermain seri 0-0 dengan Genk di waktu yang hampir bersamaan.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 May 2020 10:45 WIB

Lebaran Tahun Ini Mohamed Salah Tak Bisa Mudik

Liga Inggris

Selain kebijakan lockdown, ia juga harus tetap menjalani persiapan

19 May 2020 10:20 WIB

Usulan Kompetisi Dibatalkan, Klopp: Tidak Adil Bagi Liverpool

Liga Inggris

Jurgen Klopp menentang usulan kompetisi musim ini dibatalkan

17 May 2020 01:37 WIB

Timo Werner Tertarik ke Liverpool Ketimbang MU dan Chelsea

Liga Jerman

Ini alasan Timo Werner pilih gabung Liverpool

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.